Selasa, 09 Januari 2018 07:31 WITA

Ini Fitur Unggulan Sony Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra

Editor: Adil Patawai Anar
Ini Fitur Unggulan Sony Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra

RAKYATKU.COM - Sony mengambil kesempatan baik pada ajang Consumer Electronic Show (CES) 2018 yang mulai berlangsung hari ini di Las Vegas Amerika Serikat dengan mengenalkan perangkat mobile terbaru mereka seri Xperia XA2 dan Xperia XA2 Ultra.

Masih mengandalkan layar dengan rasio 16:9, kedua perangkat Xperia terbaru kelas menengah itu hanya memiliki sedikit update pada penampilannya terutama soal aspek rasio layarnya. Memang, tampilannya masih cukup segar dengan lis yang tipis. Plus, beberapa upgrade perangkat keras yang juga lumayan, dan penempatan pemindai sidik jari yang baru, tidak lagi di samping tapi dipinah ke belakang ponsel.

Seperti yang disebutkan tadi, kedua perangkat ini diracik untuk segmen menengah. Sony Xperia XA2 dan XA2 Ultra keduanya didukung oleh SoC Qualcomm Snapdragon 630, dengan kecepatan 2,2 GHz. Bedanya, XA2 memiliki RAM 3 GB dan ROM 32 GB, sedangkan XA Ultra memiiliki RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Selebihnya, keduanya akan dibekali dengan slot microSD.

 Di bagian layar, Xperia XA2 "polos" memiliki layar berukuran 5,2 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel, sedangkan XA2 Ultra lebih besar dengan ukuran 6 inci 1080 x 1920 piksel. Soal baterai juga lumayan. bagus, dengan kakapistas 3.300 mAh pada Xpera XA2 “polos” dan 3.580 mAh pada Xperia XA2 Ultra. Sony memiliki suite Battery Care dan Qnovo Adaptive Charging yang bekerja di belakang untuk memastikan waktu pengisian yang cepat dan masa pakai baterai yang panjang.

Nah, urusan kamera, Sony memang jagonya, Kedua seri ini mengusung kamera utama 23 MP di belakang dan mampu merekam video 4K, juga bisa menangkap 120 FPS slow motion clips. Keduanya juga memiliki sensitivitas cahaya yang ekstrim dengan ISO yang bisa diset sampai 12.800 untuk kondisi yang sangat gelap.

Di bagian depan, Xperia XA2 dibekali kamera tunggal 8 MP dengan sudut lebar 120 derajat untuk membantu Anda mendapatkan gambar yang lebih lebar. Nah, untuk kamera Xperia XA2 Ultra, Sony membekalinya dengan sual kamera yang berukuran 16 MP yang dibantu oleh modul OIS untuk selfy ekstra stabil dan ekstra detil.

Xperia XA2 dan XA2 Ultra juga hadir dengan SmartAmp, fitur peningkatan suara, yang akan membantu mendongkrak suara. Namun, tampaknya belum stereo, meski tampilannya terlihat begitu.

Sony XA2 dan XA2 Ultra akan diluncurkan pada awal Februari. Xperia XA2 "polos" akan tersedia warna Silver, Black, Blue, dan Pink, sementara XA2 Ultra akan hadir dengan varian warna Silver, Black, Blue, dan Gold.