Minggu, 07 Januari 2018 07:30 WITA

Pelanggan Spotify Tembus 140 Juta

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pelanggan Spotify Tembus 140 Juta

RAKYATKU.COM - Layanan musik streaming, Spotify mencatat pencapaian baru. Mereka mengumumkan telah melayani lebih dari 70 juta pelanggan berbayar. 

Tidak seperti Apple Music, Spotify juga menawarkan streaming gratis dan iklan yang dimonetisasi. Ini memiliki lebih dari 70 juta pelanggan yang menggunakan layanan gratis tersebut.

Sehingga menghitung dua jenis pendengar Spotify bersama-sama, total layanan ini sekarang memiliki lebih dari 140 juta pelanggan.

Apple Music, sebagai perbandingan, terakhir melaporkan memiliki 30 juta pelanggan berbayar pada September 2017.

Spotify sendiri masuk Indonesia pada tahun lalu dengan biaya berlangganan premium Rp49.990 per bulan. Kehadiran Spotify di Indonesia menambah pilihan bagi konsumen terhadap penggunaan layanan musik streaming yang tengah marak seperti Apple Music, Guvera, dan Joox.

Di Tanah Air, Spotify menyediakan metode pembayaran yang beragam, mulai dari kartu kredit, transfer bank, Doku Wallet, hingga Alfamart dan Lawson. Disamping itu, Spotify juga kabarnya tengah disibukkan agar bisa melepas saham ke publik (IPO). Namun, sebelum rencana ini terlaksana, Spotify tengah dijegal oleh kasus hukum.

Mereka dituntut oleh label rekaman sejumlah artis asal AS yang menuduh Spotify tidak membayar lisensi musik artis-artis yang bernaung di bawah label itu dengan adil.

Belakangan, Spotify juga diberitakan telah memperbarui perjanjian lisensi dengan sejumlah label besar seperti Sony Music, Universal Music Group, dan Warner Music Group.

Tags