Rabu, 03 Januari 2018 18:47 WITA

Teknologi NASA Bisa Tingkatkan Panen Gandum Hingga 3 Kali

Editor: Suriawati
Teknologi NASA Bisa Tingkatkan Panen Gandum Hingga 3 Kali
INT

RAKYATKU.COM - Teknologi baru NASA yang dapat meningkatkan hasil panen gandum sebanyak tiga kali di luar angkasa telah mengilhami ilmuwan Asutralia.

Mereka mengembangkan teknik speed breeding dengan melibatkan penggunaan cahaya secara terus menerus pada gandum, yang akan memicu reproduksi awal tanaman.

"Kami pikir kami bisa menggunakan gagasan NASA untuk menanam tanaman dengan cepat di Bumi, dan pada gilirannya mempercepat penyerapan genetik dalam program tanaman kami," kata Lee Hickey, Senior Research Fellow di University of Queensland (UQ) di Australia.

"Dengan menggunakan teknik speed breeding di rumah kaca yang dimodifikasi secara khusus, kita bisa menanam enam generasi tanaman gandum, kacang buncis dan barley, dan empat generasi tanaman kanola dalam satu tahun."

"Percobaan kami menunjukkan bahwa kualitas dan hasil tanaman yang ditanam di bawah iklim yang terkendali ... sama baiknya, atau kadang lebih baik daripada yang ditanam di rumah kaca biasa," katanya.

Dalam kemitraan dengan Dow Agro Sciences, para ilmuwan telah menggunakan teknik ini untuk mengembangkan varietas gandum 'DS Faraday' baru yang akan diluncurkan ke industri tahun ini. DS Faraday adalah jenis gandum berprotein tinggi.

"Kami akhirnya memiliki terobosan dalam dormansi biji-bijian, dan speed breeding benar-benar membantu kami untuk melakukannya," katanya.

Laporan penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Plants