Rabu, 03 Januari 2018 13:16 WITA

Kecanduan Smartphone Ternyata Ada Baiknya, Ini Buktinya

Editor: Suriawati
Kecanduan Smartphone Ternyata Ada Baiknya, Ini Buktinya
INT

RAKYATKU.COM - Selama ini ada banyak penelitian yang mengaitkan kecanduan smartphone sebagai sesuatu hal yang negatif. Namun, sekelompok peneliti Stanford justru menemukan fakta yang berlawanan.

Mereka melakukan dua percobaan untuk melihat apakah kehadiran telepon bisa memberikan manfaat yang baik. Dalam satu percobaan, mereka merekrut 125 orang, yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Ada yang dimasukkan ke dalam ruangan, dan dibiarkan membawa dan menggunakan ponsel mereka secara bebas. Kelompok kedua juga dibiarkan membawa telepon mereka, namun tidak diizinkan untuk menyentuhnya. Kelompok terakhir sepenuhnya tidak diperbolehkan membawa gadget.

Laporan penelitian tersebut menarik kesimpulan bahwa "peserta melaporkan lebih banyak kesulitan konsentrasi dan pikiran mereka lebih banyak berkeliaran tanpa kehadiran ponsel, dibandingkan yang dibiarkan menggunakannya.

Gagasannya adalah bahwa kehadiran telepon Anda menawarkan pengalaman yang lebih menyenangkan dan produktif daripada tidak adanya perangkat tercinta itu. Para peneliti berteori bahwa ini dikarenakan oleh sifat dasar manusia yang merupakan makhluk sosial.