Minggu, 31 Desember 2017 15:37 WITA

Ekstensi Chrome ini Curi Daya CPU Anda untuk Menambang Kripto

Editor: Suriawati
Ekstensi Chrome ini Curi Daya CPU Anda untuk Menambang Kripto
Monero

RAKYATKU.COM - Pernahkah Anda mendengar tentang cryptojacking? Ini adalah praktik diam-diam menggunakan sumber daya komputer Anda untuk menambang mata uang kripto tanpa izin pengguna.

Dengan meningkatnya nilai mata uang kripto speerti Bitcoin, tidak heran jika banyak situs yang bereksperimen dengan cryptojacking. Nah, sebuah laporan mengejutkan mengungkapkan bahwa cryptojacking baru-baru ini ditemukan di ekstensi Chrome yang populer, yaitu Archive Poster.

Archive Poster adalah ekstensi Chrome yang membantu pengguna Tumblr melakukan reblog dan memposting ulang dari blog lain. Menurut BleepingComputer, ekstensi ini juga menjalankan Coinhive, sebuah program cryptojacking yang secara diam-diam menambang mata uang kripto Monero menggunakan CPU Anda. 

Meskipun perangkat lunak cryptojacking tidak berbahaya seperti malware yang merusak komputer atau file Anda, ini menyebalkan karena menggunakan CPU time Anda dan berpotensi memperlambat kinerja komputer. 

"Jangan gunakan ekstensi ini karena dilengkapi dengan skrip penambangan kriptocurrency. Setelah diinstal, membuat permintaan untuk coinhive yang memakan CPU time Anda dan memperlambat komputer Anda secara besar-besaran," tulis satu pengguna di kolom review.

Archive Poster nampaknya cukup populer dengan total 105.062 pengguna.