Sabtu, 30 Desember 2017 17:59 WITA

Waspada! Sensor Smartphone Bisa Digunakan untuk Curi Data Anda

Editor: Suriawati
Waspada! Sensor Smartphone Bisa Digunakan untuk Curi Data Anda
INT

RAKYATKU.COM - Ada kabar buruk bagi pengguna smartphone. Penelitian telah menemukan bahwa data dari sensor smartphone dapat mengungkapkan PIN atau kata sandi Anda kepada hacker.

Dalam sebuah uji keamanan, peneliti dari Nanyang Technological University (NTU) di Singapura menggunakan algoritma mesin pembelajaran dan kombinasi informasi yang dikumpulkan dari enam sensor berbeda yang ditemukan di smartphone, untuk membuka kunci smartphone Android dengan akurasi 99,5 persen hanya dalam tiga percobaan. Ini dilakukan pada smartphone yang menggunakan kunci 4 digit.

Menurut laporan, para peneliti menggunakan sensor di smartphone untuk memodelkan nomor yang telah ditekan oleh penggunanya, berdasarkan bagaimana telepon dimiringkan dan berapa banyak cahaya yang diblokir oleh jari-jari mereka.

Saat Anda memegang telepon dan memasukkan PIN, cara telepon bergerak saat Anda menekan 1, 5, atau 9, sangat berbeda," kata peneliti, Shivam Bhasin.

"Demikian juga dengan menekan 1 dengan jempol kanan Anda akan memblok lebih banyak cahaya daripada jika Anda menekan 9."

Peneliti percaya bahwa karya mereka menyoroti kelemahan yang signifikan dalam keamanan smartphone, karena penggunaan sensor di smartphone tidak memerlukan izin pengguna telepon dan tersedia secara terbuka untuk semua aplikasi.

Agar perangkat mobile tetap aman, peneliti menyarankan pengguna untuk membuat PIN lebih dari empat digit, ditambah dengan metode otentikasi lainnya seperti password, autentikasi dua faktor, dan pengenalan sidik jari atau wajah.

Tags