Sabtu, 30 Desember 2017 17:40 WITA

Tersesat dan Tidak Ada Jaringan Seluler? Aplikasi ini Bisa Jadi Penyelamat

Editor: Suriawati
Tersesat dan Tidak Ada Jaringan Seluler? Aplikasi ini Bisa Jadi Penyelamat
Foto: Ruvid

RAKYATKU.COM - Jika Anda seorang petualang sejati dan suatu saat tersesat di entah berantah yang tidak terjangkau jaringan seluler, Anda bisa memanfaatkan fitur Wi-Fi SOS.

Ini adalah sebuah teknologi baru yang dikembangkan oleh peneliti di Universidad de Alicante (UA). Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan bantuan pada orang-orang yang mengalami cedera di lokasi terpencil, atau yang berada dalam situasi darurat.

Saat aplikasi diaktifkan, kamera akan memancarkan sinyal Wi-Fi yang dapat terdeteksi dalam jarak beberapa kilometer. Sinyal tersebut berisi informasi seperti koordinat GPS pengguna dan juga pesan teks seperti "Saya terluka" atau "Saya bingung."

Para peneliti juga menciptakan perangkat portabel ringan (seberat setengah kilo) yang juga memiliki antena kecil dan terhubung ke smartphone dari pihak pencari.

"Tidak ada sistem di dunia yang menggunakan sinyal Wi-Fi untuk menemukan lokasi smartphone. Ada perangkat yang memungkinkan Anda mendeteksi sinyal ponsel dari smartphone di dunia dan menunjukkan lokasinya melalui triangulasi, namun harganya sekitar €80.000 dan membutuhkan penggunaan helikopter," kata pemimpin proyek Jose Angel Berna.

Menurut Berna, teknologi tersebut telah diuji oleh tim penyelamat seperti Special Mountain Intervention Rescue Groups of the Guardia Civil.