Sabtu, 30 Desember 2017 12:57 WITA

Prediksi Trend Teknologi Smartphone di Tahun 2018

Editor: Suriawati
Prediksi Trend Teknologi Smartphone di Tahun 2018
Foto: Which

RAKYATKU.COM - Setiap tahun, kita pasti akan melihat perubahan dan inovasi besar pada dunia teknologi, khususnya smartphone.

Untuk tahun 2018, kita mungkin akan melihat kelahiran smartphone yang lebih canggih, seperti layar yang bisa ditekuk, bezel yang lebih ramping, dan masih banyak lagi.

Berikut prediksi trend teknologi smartphone untuk tahun 2018, dilansir dari Which.co.uk.

1. Ponsel layar lipat
Sudah ada rumor yang beredar bahwa Samsung mungkin akan meluncurkan ponsel layar lipat tahun depan. Teorinya adalah ponsel ini akan memiliki dua display yang disatukan oleh engsel. Ketika dibuka, ini akan menjadi tablet. Ide layar lipat memungkinkan pengguna memiliki ponsel layar lebar tapi praktisi dibawa-bawa.

Prediksi Trend Teknologi Smartphone di Tahun 2018Samsung bukan satu-satunya yang mengembangkan ide ponsel yang bisa dilipat. Ada juga spekulasi bahwa Microsoft akan kembali ke pasar smartphone dengan Surface Phone, yang bisa mengadopsi desain serupa.

2. Sensor sidik jari di bawah layar
Ada banyak spekulasi yang berkembang bahwa Samsung dan Apple mencoba menempatkan pemindai sidik jari di bawah layar. Namun, kabar terbaru menyebutkan bahwa pembuat smartphone China, Vivo tampaknya telah mengalahkan kedua perusahaan raksasa tersebut dengan meluncurkan teknologi sidik jari di bawah layar pada bulan Juni.

Prediksi Trend Teknologi Smartphone di Tahun 20183. Bezel yang lebih ramping
Pada tahun 2017 kita telah melihat banyak smartphone dengan bezel minimalis, seperti pada Samsung Galaxy S8, iPhone X dan Huawei Mate 10 Pro.

Namun, untuk tahun depan, trend itu tampkanya juga akan menyentuh model mid-range. Baru-baru ini Samsung mengumumkan bahwa Galaxy A8 dan A8 Plus juga akan memiliki bezel yang lebih ramping.

4. Ponsel mid-range akan lebih banyak
Karena smartphone kelas atas menjadi semakin mahal, maka orang-orang kemungkinan akan beralih ke model mid-range di tahun 2018.

Ponsel kelas ini juga akan memiliki fitur yang mengesankan, seperti tahan air, memiliki kamera belakang ganda, penyimpanan internal yang lebih besar, dan bahkan mungkin pengenalan wajah sebagai alternatif untuk unlocking.

Prediksi Trend Teknologi Smartphone di Tahun 20185. Pertumbuhan Kecerdasan Buatan (AI) dan Augmented Reality (AR)
Perkembangan ponsel tahun depan tidak hanya tentang memperbaiki perangkat keras dan desain, akan ada juga upgrade untuk perangkat lunak, utamanya Kecerdasan Buatan (AI)
dan Augmented Reality (AR).