Minggu, 24 Desember 2017 07:44 WITA

Pencipta Mandriva Linux Buat OS Android Open Source

Editor: Suriawati
Pencipta Mandriva Linux Buat OS Android Open Source
eelo

RAKYATKU.COM - Pencipta asli Mandriva Linux (dahulu dikenal sebagai Mandrakelinux atau Mandrake Linux) telah memutuskan untuk membuat Sistem Operasi Android baru yang terbatas pada penggunaan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source (FOSS). Gael Duval menamai ciptaan barunya sebagai eelo.

"eelo akan memberikan alternatif yang kredibel bagi pengguna yang peduli terhadap privasi data mereka: ponsel dan sistem operasi smartphone, dan layanan web terkait. Dalam jangka panjang kami ingin menyediakan ekosistem digital lengkap, termasuk sistem operasi PC, asisten pribadi, dan API web," demikian penjelasan eelo di situsnya.

Perusahaan telah mengeluarkan roadmap mengenai rencananya untuk tiga tahun ke depan. Selama tahun pertama, akan ada ROM yang dapat didownload untuk beberapa perangkat dan telah dirilis layanan web eelo, yang terdiri dari pencarian, email, drive, backup online, dan alternatif peta.

Pada tahun kedua, Duval berencana untuk merilis eelo OS untuk PC dan mendirikan sebuah yayasan untuk menjamin aset perusahaan. Pada tahun ketiga, versi OS mobile dan layanan web akan dirilis bersamaan dengan smartphone dan asisten digital.

Proyek ini telah mulai dikerjakan pada prototipe OS mobile, dan menampilkan BlissLauncher 2 yang baru dikembangkan.

Tags