Kamis, 21 Desember 2017 15:06 WITA

Masih Gunakan Android KitKat? Upgrade OS Anda Sekarang!

Editor: Suriawati
Masih Gunakan Android KitKat? Upgrade OS Anda Sekarang!
INT

RAKYATKU.COM - Belum lama ini Apple beralih ke dukungan 64 bit untuk aplikasi iOS-nya. Membawa dukungan 64-bit ke Sistem Operasi (OS) berarti aplikasi akan bekerja lebih cepat daripada 32-bit.

Di sisi lain, Google juga telah melakukan lompatan ke dukungan aplikasi 64 bit pada tahun 2014 dengan hadirnya Android Lollipop. Namun, pengembang tetap memiliki pilihan untuk memilih dukungan 64-bit atau 32-bit untuk aplikasi mereka, jika mereka menginginkannya.

Tapi, sekarang sepertinya Google akan menerapkan standar baru untuk semua aplikasi. Menurut rilis baru di Blog Pengembang Google, Google akan meminta pengembang aplikasi untuk merancang aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Android Oreo. Aplikasi yang ada di PlayStore diharuskan melakukan lompatan dari 32-bit ke 64-bit pada bulan Agustus 2019.

Pengembang masih dapat menyimpan aplikasi versi 32-bit yang ditawarkan untuk versi Android yang lebih lama, namun versi 64-bit harus ada.
 
Masih Gunakan Android KitKat? Upgrade OS Anda Sekarang!Terlepas dari standar baru, Google juga akan membuat beberapa perubahan tambahan pada protokol keamanannya sehingga memastikan aplikasi yang mengandung malware tidak bisa masuk PlayStore.

Akan ada beberapa perubahan yang dilakukan pada metadata keamanan di awal 2018, yang akan menjadi keabsahan Google untuk semua aplikasi Android.

Dengan pembaruan ini, maka jika ponsel Anda masih menjalankan Android KitKat 4.4 atau yang lebih tua, maka akan lebih bijaksana jika Anda melakukan upgrade lebih cepat.

Ponsel lawas masih akan terus bekerja namun mungkin tidak menerima fitur update dan algoritma keamanan karena pengembang akan memilih untuk menghindari biaya tambahan untuk mengkodekan ulang aplikasi untuk 32-bit.