Sabtu, 16 Desember 2017 16:01 WITA

Bahkan Facebook Akui Situsnya Bisa Berakibat Buruk, Jika...

Editor: Suriawati
Bahkan Facebook Akui Situsnya Bisa Berakibat Buruk, Jika...
INT

RAKYATKU.COM - Selama ini ada banyak penelitian ilmiah yang mengklaim bahwa Facebook bisa menyebabkan efek buruk. Misalnya, sebuah studi pada bulan Maret di AS menemukan bahwa menggunakan layanan ini setidaknya dua jam sehari bisa menimbulkan perasaan isolasi sosial.

Namun, dalam sebuah postingan blog, Facebook menyerang balik para peneliti yang telah mengkritiknya. Dalam postingan itu dikatakan bahwa media sosial bisa baik untuk kesejahteraan masyarakat, jika pengguna menggunakan teknologi dengan cara yang aktif, seperti bertukar pesan dengan teman.

Sebaliknya, Facebook mengatakan bahwa layanan mereka mungkin akan menyebabkan efek buruk jika digunakan dengan cara yang tidak tepat. Dalam postingan itu, Facebook memang mengakui penelitian tentang efek negatif media sosial. Namun, perusahaan tersebut mengatakan bahwa studi tersebut bukanlah keseluruhan cerita.

Intinya, Facebook menekankan bahwa media sosial memiliki potensi manfaat jika digunakan dengan benar.

Bahkan Facebook Akui Situsnya Bisa Berakibat Buruk, Jika..."Kami menggunakan psikolog sosial, ilmuwan sosial dan sosiolog, dan kami berkolaborasi dengan ilmuwan papan atas untuk lebih memahami kesejahteraan dan berupaya membuat Facebook menjadi tempat yang berkontribusi secara positif," kata posting blog tersebut, yang ditulis oleh Facebook Research Director David Ginsberg.

 "Menurut penelitian, itu benar-benar tergantung pada  bagaimana Anda menggunakan teknologi."

Menurut laporan, Facebook telah menghabiskan $1 juta untuk meneliti hubungan antara teknologi, pengembangan pemuda dan kesejahteraan.