Jumat, 15 Desember 2017 13:40 WITA

Jaringan 4G XL Kini Hadir di Sulawesi Tengah dan Gorontalo

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jaringan 4G XL Kini Hadir di Sulawesi Tengah dan Gorontalo
ist

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus melakukan perluasan infrastruktur jaringan 4G LTE di wilayah Sulawesi dan kepulauan sekitarnya. Kini masyarakat di Sulawesi Tengah dan Gorontalo bisa ikut memanfaatkan layanan internet berkecepatan tinggi tersebut.

Dengan demikian, saat ini total 45 kota/kabupetan di seluruh Sulawesi telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini. Keberadaan layanan 4G LTE di kedua provinsi di Sulawesi ini merupakan upaya XL Axiata dalam meningkatkan kualitas layanan. 

Serta merealisasikan komitmen untuk menyediakan jaringan data bagi masyarakat hingga ke pelosok-pelosok Tanah Air. Head of North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi meresmikan beroperasinya layanan 4G LTE ini di Palu, Kamis (14/12/2017).

“Sulawesi Tengah dan Gorontalo merupakan daerah dengan potensi ekonomi yang besar dan dalam beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan pembangunan yang sangat berarti. Hal ini pun tercermin dari tingginya peningkatan trafik layanan data di kedua area yang mencapai lebih dari 100% dalam setahun terakhir," kata Desy dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Group Head Commercial LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, untuk wilayah Sulawesi Tengah, layanan 4G LTE sudah masuk di area Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Sigi yang didukung dengan total lebih dari 50 BTS 4G. 

Di Gorontalo ada area Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dengan total sekitar 40 BTS 4G. Perluasan berikutnya ditargetkan akan menjangkau juga Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pahuwato. Total BTS 4G di seluruh Sulawesi yang menopang layanan di 45 kota/kabupaten mencapai lebih dari 600 unit BTS 4G.

Dalam perluasan layanan 4G LTE di Sulawesi Tengah dan Gorontalo ini, XL Axiata menyesuaikan dengan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang yang sangat gencar dilaksanakan pemerintah. XL Axiata berharap tersedianya infrastruktur 4G LTE akan bisa mendukung percepatan pembangunan di bidang lainnya. 
Saat ini secara nasional, sebanyak 347 kota/kabupaten di seluruh Indonesia telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE (melebihi dari target 300 kota/kabupaten). Termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Sementara itu, hingga akhir Oktober 2017 pelanggan layanan Data secara umum juga terus meningkat seiring dengan bertambahnya pelanggan yang menggunakan smartphone yang mencapai 70% dari total pelanggan. 
Pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai lebih dari 20 juta dari total pelanggan. Layanan XL Axiata saat ini didukung oleh total hampir mencapai 100 ribu BTS, termasuk lebih dari 44 ribu BTS 3G dan lebih dari 16 ribu BTS 4G.