Sabtu, 02 Desember 2017 21:17 WITA

Tangkal Hoax di Sosmed, MUI Sulsel Gandeng Flock Indonesia

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Tangkal Hoax di Sosmed, MUI Sulsel Gandeng Flock Indonesia
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel menggelar seminar dengan tema "Hidup Sehat dengan Produk Halalan Thoyyibah dan Tenteram Dalam Muamalah Tanpa Hoax" di Hotel Wisata II UIT, Sabtu (2/12/17).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel menggelar seminar dengan tema "Hidup Sehat dengan Produk Halalan Thoyyibah dan Tenteram Dalam Muamalah Tanpa Hoax" di Hotel Wisata II UIT, Sabtu (2/12/17).

Seminar ini merupakan rangkaian dari rapat koordinasi bidang Informasi dan Komunikasi MUI Sulsel yang digelar sejak jumat kemarin.

Ketua MUI Sulsel, Dr. (HC) AGH Sanusi Baco, Lc, memberikan sambutannya dan membuka langsung seminar yang turut dihadiri para pengurus MUI dari 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi selatan. Menurutnya, komunikasi apapun perlu menekankan kesantunan.

"Dalam Islam kita diajarkan tentang komunikasi yang santun. Karena dalam Alquran terdapat bahasa yang sangat santun. Olehnya itu jagalah Alquran agar komunikasi tetap terjaga dan tidak menyakiti orang lain," jelasnya.

Seminar ini dimoderatori Uslimin, S.Pd., M.Pd, pengurus Komisi Infokom MUI SULSEL. Adapun narasumbernya, Prof. Dr. H. Muhammad Galib, M.A. (Sekum MUI SULSEL), Joko Budi Jaya, SE., CHA (GM Hotel Aston Makassar) dan Fajar Abu Thalib (Praktisi Flock Indonesia). 

Juga Patarai A. Burhan GS, S.Sos., MM (Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas KISP). Dr. H. Waspada, M.Sos.I., M.H.I (Ketum MUI Sulsel Bidang Infokom Direktur Pusjilal) dan Tajuddin Abdullah, S.T., M.Kes (Direktur LP POM MUI SULSEL).

Tangkal Hoax di Sosmed, MUI Sulsel Gandeng Flock IndonesiaWaspada Santing menegaskan pentingnya media sosial sebagai wadah komunikasi dakwah serta penyampai program MUI Sulsel. Maka dari itu, MUI Sulsel mengandeng Flock Indonesia sebagai penggiat media sosial di Sulsel. 

Ketua MUI Sulsel, KH. Sanusi Baco Lc, di akhir seminar melakukan penandatanganan MoU bersama Flock Indonesia, yang diwakili oleh Ryan Hidayat selaku manager Flock Indonesia.

"Kami berharap Flock Indonesia menjadi perpanjangan tangan dari MUI Sulsel untuk menyampaikan dakwah-dakwah MUI, serta ikut serta meng-counter konten-konten negatif yang beredar di media sosial," kata Waspada.

Sebagai pembicara, Fajar Abu Thalib Penggiat media sosial (Flock Indonesia) merespon baik kerja sama ini dalam upaya pentingnya konten dakwah islam, yang dikemas semenarik mungkin. "Kedepan MUI Sulsel bisa lebih intens menggiatkan dakwah dengan menggunakan lebih banyak platform media sosial. Sehingga konten negatif atau informasi hoax bisa diminimalisir," jelas Fajar.

Sekedar diketahui, Flock Indonesia merupakan manajemen yang membawahi sejumlah akun-akun yang memiliki pengikut ratusan ribu khususnya di media sosial twitter.