Sabtu, 02 Desember 2017 12:19 WITA

Kecanduan Internet Menyebabkan Ketidakseimbangan di Otak

Editor: Suriawati
Kecanduan Internet Menyebabkan Ketidakseimbangan di Otak
INT

RAKYATKU.COM - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa kecanduan smartphone dan internet dapat menyebabkan kerusakan pada otak, dengan menciptakan sebuah Ketidakseimbangan di dalamnya.

Studi tersebut dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Radiological Society of North America.

Penelitian ini terdiri dari 19 subjek dengan usia rata-rata 15,9 tahun, yang didiagnosis dengan kecanduan internet atau smartphone. Mereka dibandingkan 19 subjek lainnya yang tidak kecanduan atau "sehat."

Untuk mengetahui dampak smartphone dan internet, peneliti dari Korea University menggunakan spektroskopi resonansi magnetik untuk melihat otak para peserta peneliti.

Kecanduan Internet Menyebabkan Ketidakseimbangan di OtakHasilnya, peneliti menemukan bahwa remaja yang kecanduan memiliki skor lebih tinggi dalam hal depresi, kegelisahan, insomnia, dan impulsif.

Pemeriksaan MRS juga mengungkapkan bahwa dibandingkan dengan kontrol yang sehat, remaja yang kecanduan memiliki rasio asam gamma aminobutyric (GABA) yang lebih tinggi terhadap glutamate-glutamine di korteks anterior cingulate mereka.

Peneliti percaya bahwa tingkat GABA yang meningkat dapat dikaitkan dengan "hilangnya fungsional integrasi dan regulasi pemrosesan di jaringan saraf kognitif dan emosional."