Kamis, 30 November 2017 18:18 WITA

Tangan Bionic ini Bekerja Seperti Tangan Manusia

Editor: Suriawati
Tangan Bionic ini Bekerja Seperti Tangan Manusia
Foto: Youbionic

RAKYATKU.COM - Sebuah perusahaan Robotika Italia bernama Youbionic telah menciptakan dua tangan bionik, yang bisa difungsikan.

Perangkat ini dibuat dengan cetak 3D, terbuat dari debu nilon dan terdiri dari mikrokontroler Arduino, aktuator, dan tiga elektroda yang diaktifkan oleh impuls saraf. Cara kerjanya sama seperti otot bergerak saat neuron mengirim sinyal dari otak kita.

"Ada listrik di semua otot tubuh kita," kata CEO Youbionic, Federico Ciccarese pada Digital Trends. "Ketika otak mengirimkan dorongan pada otot, sensor membacanya dan menerjemahkannya ke dalam jumlah yang sebanding dengan kontraksi dan kemudian mengirimkan pesan ini ke mikrokontroler."

"Kami mengambil langkah pertama untuk membangun perangkat yang bekerja dengan mendukung kemampuan asli kita untuk mendapatkan kemampuan luar biasa."

Sebelumnya, perusahaan telah membuat prototipe dengan satu tangan, yang dirancang untuk digunakan oleh orang-orang yang diamputasi. Namun saat ini para perancang mulai mengembangkan desainnya, menjadi dua tangan.

Tangan bionik Youbionic kini dapat dipesan melalui situs web perusahaan seharga €1799 (Rp28,8 juta).