Selasa, 28 November 2017 03:31 WITA

2018, Apple Rilis 3 Varian iPhone

Editor: Adil Patawai Anar
2018, Apple Rilis 3 Varian iPhone

RAKYATKU.COM - Apple diperkirakan merilis tiga varian iPhone terbaru tahun depan. Salah satunya, menurut perusahaan analis KGI Securities, memiliki layar besar. "Kemungkinan pada semester kedua 2018," kata Ming-Chi Kuo, analis KGI Securities, seperti dilansir tempo.

Sedangkan dua di antaranya ialah model OLED dengan ukuran layar masing-masing, 6,5 inci dan 5,8 inci. Semuanya, kata dia, dilengkapi dengan rancangan full screen dan TrueDepth Camera, seperti pada iPhone X. KGI Securities selama ini kerap menyampaikan prediksi yang cukup akurat tentang bisnis Apple.

Menurut Kuo, dua model awal akan menyasar pasar high-end. Sedangkan model ketiga dibikin untuk pasar middle-end. Harga ketiga model tersebut diprediksi mencapai kisaran US$649-US$749 (Rp 8,7-Rp 10 juta).

Model high-end iPhone yang akan datang diperkirakan memiliki desain layar edge-to-edge dan kamera pengenalan wajah (facial recognition camera), Face ID, seperti iPhone X. Adapun iPhone yang ditargetkan untuk mid-end market diperkirakan dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah alih-alih sensor sidik jari. Model ini juga diperkirakan akan memamerkan layar LCD berukuran 6,1 inci dengan resolusi lebih rendah daripada model high-end OLED.

"Ketiga model tersebut akan memacu siklus super dalam hal permintaan penggantian iPhone," kata Kuo. Ia memprediksi akan ada sekitar 100 juta hingga 120 juta iPhone yang dirakit pada paruh kedua 2018.

Dia pun mematok tahun depan sebagai supercycle seiring dengan ekspektasinya bahwa Apple akan merilis model terbarunya tepat waktu. Hal ini juga ditopang pilihan harga yang lebih luas dengan Face ID dan permintaan yang kuat untuk iPhone X hingga 2018.

Apple juga diperkirakan akan melakukan pengiriman sebanyak 25 juta hingga 27 juta unit iPhone X kuartal ini. Jumlah ini kemungkinan akan meningkat 35-45 persen pada kuartal pertama 2018.

Tags