Senin, 27 November 2017 18:11 WITA

Pokemon GO Menyebabkan Ratusan Orang Tewas dan Kecelakaan

Editor: Suriawati
Pokemon GO Menyebabkan Ratusan Orang Tewas dan Kecelakaan
INT

RAKYATKU.COM - Permainan Augmented Reality, Pokemon GO membunuh ratusan orang dan menaikkan tingkat kecelakaan, menurut sebuah studi dampak permainan di Amerika Serikat.

"Pokemon Go menyebabkan peningkatan yang tidak proporsional dalam kecelakaan kendaraan dan kerusakan kendaraan terkait, cedera pribadi, dan korban jiwa di sekitar lokasi, disebut PokeStops, di mana pengguna bisa bermain game saat mengemudi," kata peneliti dari Sekolah Manajemen Krannert Universitas Purdue.

Para peneliti menarik kesimpulan tersebut setelah menganalisis hampir 12.000 laporan kecelakaan polisi di Tippecanoe County, Indiana, pada periode 1 Maret 2015, sampai 30 November 2016.

Rentang tanggal tersebut mencakup lebih dari satu tahun kondisi normal di jalanan Tippecanoe County, dan hampir lima bulan dari debut Pokemon GO.

Semua laporan kecelakaan merinci waktu, tanggal, lokasi, nilai kerusakan, serta laporan tentang luka atau kematian.

Permainan itu menarik bagi para peneliti karena fitur PokeStops, lokasi dunia nyata dimana pemain dapat mengisi kembali perlengkapan senjata mereka.

Oleh karena itu peneliti membandingkan lokasi tabrakan dengan lokasi PokeStop dan menemukan bahwa ada peningkatan jumlah tabrakan di lokasi yang berdekatan dengan PokeStops.

Sebagai kesimpulan, penelitian tersebut menemukan adanya peningkatan kecelakaan yang disebabkan oleh Pokemon GO, sebesar 145.632, dan peningkatan jumlah kematian sebanyak 256 selama periode 6 Juli 2016 sampai 30 November 2016.