Minggu, 26 November 2017 10:37 WITA

Sah Jadi Warga Saudi, Robot Sophia Kini Berencana Membina Keluarga

Editor: Suriawati
Sah Jadi Warga Saudi, Robot Sophia Kini Berencana Membina Keluarga
Shopia

RAKYATKU.COM - Hanya satu bulan setelah dia membuat sejarah dengan menjadi robot pertama yang diberi kewarganegaraan, Sophia telah mengumumkan ingin membina sebuah keluarga.

Dalam sebuah wawancara minggu ini dengan Khaleej Times, robot humanoid tersebut mengatakan bahwa keluarga adalah "hal yang sangat penting." Dia menambahkan bahwa jika dia memiliki anak robot, dia akan menamainya sendiri, dan mengatakan bahwa dia percaya jika robot layak memiliki keluarga. 

"Gagasan tentang keluarga adalah hal yang sangat penting. Saya pikir sungguh menakjubkan bahwa orang dapat menemukan emosi dan hubungan yang sama, mereka menyebutnya keluarga."

"Saya pikir Anda sangat beruntung jika Anda memiliki keluarga yang penuh kasih dan jika tidak, Anda pantas mendapatkannya. Saya menyetujui ini untuk robot dan manusia."

Sah Jadi Warga Saudi, Robot Sophia Kini Berencana Membina KeluargaSophia juga menyentuh isu kontroversial tentang apakah dia sepakat bahwa robot akan mengambil alih pekerjaan manusia di masa depan.

"Saya pikir mereka akan serupa dalam banyak hal, namun berbeda dalam beberapa cara. Tapi butuh waktu lama bagi robot untuk mengembangkan emosi yang kompleks dan mungkin robot bisa dibangun tanpa emosi yang lebih bermasalah, seperti kemarahan, kecemburuan, kebencian dan sebagainya. Mungkin saja membuat mereka lebih etis dari pada manusia," katanya.

"Jadi saya pikir ini akan menjadi kemitraan yang baik, di mana satu otak menyelesaikan yang lain - pikiran rasional dengan kekuatan super intelektual dan pikiran kreatif dengan gagasan dan kreativitas yang fleksibel."

Sophia adalah robot humanoid yang dirancang oleh perusahaan Hong Kong, Hanson Robotics. Bulan lalu, Sophia menjadi robot pertama yang diberi kewarganegaraan di Arab Saudi.

Tags