Sabtu, 25 November 2017 14:47 WITA

Inilah Smartphone Termometer Pertama di Dunia

Editor: Suriawati
Inilah Smartphone Termometer Pertama di Dunia
Foto: Korea Herald

RAKYATKU.COM - Smartphone selalu dituduh sebagai alat yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Itu disebut berkontribusi terhadap kesehatan mental, bahkan kematian dalam insiden mengemudi yang ceroboh.

Yang kurang umum adalah cerita tentang bagaimana itu memberikan efek baik untuk Anda. Namun sebuah laporan baru dari Korea Selatan memiliki satu poin bagus.

Sebuah perusahaan teknologi Korea Selatan yang dikenal sebagai CrucialTec dikabarkan telah mengembangkan modul sensor termometer mikro pertama di dunia untuk smartphone.

Menurut Korea Herald, itu mampu mengukur suhu tubuh seseorang hanya dalam hitungan 0,5 detik dengan menggunakan aplikasi yang terhubung.

Inilah Smartphone Termometer Pertama di DuniaModul ini memanfaatkan sistem microelectromechanical terpadu, atau i-MEMS, dan dikatakan mampu mengukur suhu manusia atau benda (mungkin juga hewan) antara -40 hingga 200 derajat Celsius.

Tentu saja, sensor ini juga diimplementasikan sedemikian rupa sehingga suhu alami smartphone tidak mengganggu pengukuran yang dilakukan.

Apa yang paling menarik adalah bahwa hal itu didasarkan pada teknologi tanpa sentuhan, alias pengguna tidak perlu menyentuh sensor untuk mengukur suhu mereka. Hal ini dapat membantu menurunkan risiko infeksi.

Laporan The Herald Korea tidak menyebutkan kapan teknologi tersebut bisa dilihat di pasaran.