Jumat, 24 November 2017 04:29 WITA

Penganut Bumi Datar: Es Antartika Cegah Manusia Jatuh ke Jurang Bumi

Editor: Adil Patawai Anar
Penganut Bumi Datar: Es Antartika Cegah Manusia Jatuh ke Jurang Bumi

RAKYATKU.COM - Konferensi tahunan para penganut teori Bumi datar untuk pertama kalinya digelar. Flat Earth International Conference (FEIC) telah diadakan di Raleigh, Carolina Utara, Amerika Serikat (AS) pada 9-10 November lalu. Panitia mengklaim ada 500 orang yang hadir di acara tersebut.

Tentu yang hadir di sana adalah mereka yang sangat yakin bumi tidak bulat seperti yang diajarkan selama ini. Meski bukti-bukti dari lembaga antariksa bertebaran, mereka tetap yakin Bumi sebenarnya datar.

"Setelah eksperimen yang ekstensif, analisis dan riset, kami mengetahui kebenaran kosmologi kita tidak seperti yang telah diceritakan," tulis FEIC di situsnya.

Dilansir detik.com, pada dasarnya, kelompok ini menganggap planet Bumi bentuknya datar dalam bentuk disk dengan batasnya berupa es Antartika. Es tersebut mencegah manusia agar tidak terjun ke jurang di pinggiran Bumi.

Mark Sargent, penganut Bumi datar populer dengan sekitar 40 ribu subscriber di YouTube turut menghadiri konferensi tersebut dan menyatakan sudah saatnya kebohongan Bumi bulat dihentikan. "Tak seorang pun suka dengan perasaan tidak nyaman berada di sebuah bola kecil yang melayang di angkasa di alam semesta luas ini," katanya dikutip detikINET dari BBC.

Belum diketahui secara pasti berapa banyak pengikut teori Bumi datar. Flat Earth Society sendiri sebagai organisasi tertua yang berisikan kaum penentang Bumi bulat, saat ini punya sekitar 555 anggota.

Mereka meyakini NASA dan lembaga antariksa lain merekayasa foto angkasa maupun Bumi bulat. Selain itu ada konspirasi global untuk menyembunyikan fakta sebenarnya Antartika sebagai pinggiran Bumi. Dan Bumi diyakini tidak berotasi melainkan diam di tempatnya.

Tentu diadakannya Konferensi Bumi Datar itu menimbulkan kontroversi. Bukti-bukti ilimiah yang ada maupun para ilmuwan menyatakan Bumi itu benar-benar bulat.

"Apa alasannya para ilmuwan di seluruh Bumi ini berbohong soal bentuk planet kita? Kenapa mereka tidak membahas soal ini?" tulis sebuah komentar online.

"Lantas bagaimana dengan planet lain yang bisa kita lihat dari teleskop? Apakah mereka piringan yang melayang-layang? Sebaiknya kalian menerbangkan balon dengan kamera untuk melihat bentuk Bumi ini," tulis yang lain.    

Tags