Senin, 20 November 2017 15:48 WITA

Kini Facebook Punya Layanan Video Mirip YouTube

Editor: Fathul Khair Akmal
Kini Facebook Punya Layanan Video Mirip YouTube
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Facebook resmi meluncurkan aplikasi Facebook Creator di iOS. Setelah iOS, Facebook berencana menghadirkannnya untuk platform Android. 

Aplikasi ini sebenarnya merupakan rebranding dan pembaruan dari aplikasi Facebook Mention yang diluncurkan pada 2014. Sebelumnya, Mention hanya tersedia untuk tokoh publik dan laman yang diverifikasi.

Berbeda dengan Mention, Facebook Creator tersedia untuk semua profil dan halaman. Facebook Creator diharapkan dapat menjadi alat untuk mendekatkan kreator dengan penggemar. 

"Ini adalah prioritas besar bagi kami untuk mendekatkan orang-orang dengan konten yang bermakna. Creator adalah sesuatu yang cukup unik tentang Facebook," jelas VP Produk Video Facebook Fidji Simo dikutip suara.com.

Jika dilihat sekilas, Facebook Creator memiliki fungsi seperti YouTube. Pengguna dapat melakukan live streaming dan mengunggah konten video mereka di sebuah platform.

Simo menjelaskan bahwa Facebook Creator terdiri dari empat bagian penting. Yang pertama adalah Live Creative Kit, yakni memungkinkan pengguna menambahkan intro, outro, dan reaksi emoji khusus ke siaran langsung mereka.

Kedua adalah Kotak Masuk Terpadu. Fitur ini dapat menjadi kotak masuk pesan yang berasal dari Facebook, Instagram, dan Messenger. Alhasil, Anda tidak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi.

Ketiga adalah Stories dan Kamera. Fitur ini dihadirkan agar pengguna tetap dapat membuat stories di Creator, sehingga Anda tidak perlu lagi membuka Instagram. 

Terakhir adalah Analytics. Di  bagian ini, pengguna Creator dapat mengetahui berbagai macam data tentang penggemar mereka. Hal ini akan bermanfaat untuk mengetahui kedekatan kreator dengan penggemarnya.