Senin, 20 November 2017 11:40 WITA

Terpopuler di Play Store, Pencipta Game Tiang Listrik: Banyak yang Kira Kita Kaya Raya

Editor: Mulyadi Abdillah
Terpopuler di Play Store, Pencipta Game Tiang Listrik: Banyak yang Kira Kita Kaya Raya
Cover Game Tiang Listrik

RAKYATKU.COM - Game Tiang Listrik kini menjadi permainan terpopuler di Google Play Store pasca diluncurkan pada 18 November 2017. 

Hingga penanggalan 20 November, game yang terinsipirasi dari insiden kecelakaan Setya Novanto ini sudah diunduh 50 ribu pengguna Android. Game buatan anak Yogyakarta itu bertengger di posisi 4. Total 6.731 pengguna yang memberi komentar atas game tersebut. Ada 5.917 yang memberi bintang 5. 

"Buat yang ngira kita kaya raya dari game ini, jawabannya ndak. Ini game free, no ads, no iap. Dibuat niatan utamanya buat riset viral dan memantau reaksi warganet saja," tulis Frida Dewi, pembuat Game Tiang Listrik melalui akun Facebooknya.

Dipaparkan, game tersebut terinsipirasi dari trending topic "Tiang Listrik". Begini kronologinya. 

"Pada 16 November pukul 22.00, balik dari GameLan, liat Foto tiang listrik jadi most popular artikel di salah satu portal berita. Sempat aku post di timeline," urainya.

Sejam kemudian, Frida Dewi mulai kepikiran untuk membuat game soal Tiang Listrik. "Kayaknya lucu kalau dibikin game,". 

Akhirnya, Frida Dewi mulai ngejam. Pukul 03.00, ia stuck. Sebab, saat itu Googleplay Services tak bisa login. Terpaksa, ia pun beristirahat. 

Terpopuler di Play Store, Pencipta Game Tiang Listrik: Banyak yang Kira Kita Kaya Raya

Penanggalan 17 November pukul 13.00, Frida Dewi melanjutkan lagi dengan target jam 15.00 sudah bisa rilis. "Saya memutuskan build apk tanpa crosswalk (ngirit 10MB-an). Dan pukul 15.00 rilis publik di Play Store," urainya. 

Game ini mulai diperkenalkan ke publik melalui jejaring sosial hingga akhirnya ramai menjadi perbincangan warganet. Ia pun mendapat wawancara dengan sejumlah wartawan dari berbagai media.

"Pada 18 November 18.00, 100K download. Sudah mulai masuk top new free games," demikian Frida Dewi.