Senin, 20 November 2017 07:15 WITA

Video Pengujian Parasut Supersonik NASA untuk Misi Mars

Editor: Suriawati
Video Pengujian Parasut Supersonik NASA untuk Misi Mars
Foto: NASA

RAKYATKU.COM - NASA berencana untuk mengirim rover ke Mars pada tahun 2020, dan ketika sampai di Planet Merah, itu akan turun melalui atmosfer Mars yang tipis lebih dari 12.000 mil per jam. Untuk memperlambat diri, pesawat ruang angkasa tersebut membutuhkan parasut yang bagus.

Baru-baru ini NASA menguji satu parasut yang akan digunakan rover. Sebuah cuplikan dramatis dari acara pengujian menunjukkan perangkat pengaman terbuka dengan kecepatan supersonik.

"Gambaran penuruan parasut pertama kita hampir menakjubkan karena dipandang signifikan secara ilmiah. Untuk pertama kalinya, kita bisa melihat bagaimana rasanya berada di pesawat ruang angkasa yang meluncur menuju Planet Merah, membentangkan parasutnya," kata Ian Clark, seorang insinyur kedirgantaraan di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, dan pemimpin tes tersebut.

 

Uji parasut supersonik NASA selanjutnya dijadwalkan pada bulan Februari 2018. Misi Mars 2020 akan mendatangkan penjelajah di Planet Merah untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba masa lalu.

Tags