Sabtu, 18 November 2017 16:36 WITA

Robot Bisa Digunakan Sebagai Senjata Pemusnah Massal

Editor: Suriawati
Robot Bisa Digunakan Sebagai Senjata Pemusnah Massal
INT

RAKYATKU.COM - Ahli keamanan cybersecurity Hotspot Shield, Robert Siciliano memperingatkan bahaya robot jika itu jatuh ke tangan yang salah.

Saat ini banyak perusahaan menguji robot mirip manusia untuk membantu mengerjakan aktivitas manusia, mulai dari yang ringan sampai yang berat seperti di kepolisian dan latihan militer. Robert Siciliano memperingatkan bahwa robot ini bisa dimanfaatkan sebagai pembunuh bahkan senjata pemusnah massal.

"Belum lama ini pesawat pengeboman membutuhkan manusia, sekarang kita memiliki pesawat tak berawak yang pada dasarnya melakukan pekerjaan untuk kita. Langkah apa yang akan dilakukan jika pesawat tak berawak itu ... membuat kesalahan?" Katanya, seperti dikutip Foxbusiness.

"Saya setuju tentang memajukan teknologi dan menyelamatkan nyawa manusia. Tapi ada beberapa di luar sana dengan pola pikir jahat yang bisa menggunakan ini untuk hacking kriminal, rekayasa sosial dan, tentu saja, senjata pemusnah massal," kata Siciliano.

Pada bulan Mei 2017, Asosiasi Industri Robotika (RIA) memperkirakan bahwa 250.000 robot sekarang digunakan di Amerika Serikat, yang tertinggi ketiga di dunia, setelah Jepang dan China.

Tags