Selasa, 14 November 2017 07:01 WITA

Bermasalah Lagi, Speaker iPhone X Ini Keluarkan Bunyi Aneh

Editor: Adil Patawai Anar
Bermasalah Lagi, Speaker iPhone X Ini Keluarkan Bunyi Aneh

RAKYATKU.COM - Bagaikan badai yang datang bertubi-tubi, Apple kini menghadapi keluhan dan kritikan baru terkait smartphone terbaru andalannya yakni iPhone X. Baru kemarin beberapa pengguna iPhone X mengeluhkan adanya semacam garis hijau aneh yang sangat mengganggu di layar, dan beberapa pengguna iPhone mengatakan bahwa layar smartphone ini tidak berfungsi dengan baik di saat berada di suhu dingin.
 
Kabar terbaru mengungkapkan bahwa perangkat paling gres Apple tersebut kini kembali menerima keluhan dari penggunanya yang mengatakan bahwa unit iPhone X milik mereka mengeluarkan suara "berderak" atau "berdengung" yang berasal dari lubang suara speaker di bagian depan. Masalah ini muncul dengan sangat jelas terutama di saat pengguna iPhone X meningkatkan suara ke volume tertinggi. Sejauh ini sudah lebih dari dua lusin pengguna yang melaporkan tertimpa masalah tersebut. 
 
Dilansir tabloidpulsa, pada perangkat yang terpengaruh, suara berderak ini  terdengar di saat pengguna sedang melakukan berbagai  jenis pemutaran audio, termasuk panggilan telepon, musik, memutar video dengan suara, alarm, dan nada dering. Masalahnya sepertinya tidak terbatas pada konfigurasi iPhone X atau versi iOS tertentu. Dan jelas, ini sangat mengganggu!
 
Perlu Anda ketahui, earpiece iPhone X berfungsi ganda sebagai speaker yang menggabungkan dengan speaker konvensional di bagian bawah perangkat untuk menghadirkan suara stereo. Baik iPhone 7 dan iPhone 8 series juga memiliki speaker stereo semacam ini. 

Ada beberapa prediksi mengapa masalah ini bisa terjadi. Masalah suaranya bisa jadi akibat distorsi, terutama karena hanya terjadi pada volume yang lebih tinggi, beberapa pengguna yakin bahwa ada kemungkinan masalah ini diakibatkan oleh perangkat lunak atau perangkat keras yang mempengaruhi audio. 
 
Jika Anda ingat, beberapa pemilik iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dilaporkan juga mengalami masalah audio yang serupa terutama saat panggilan telepon sedang berlangsung. Apple mengakui masalah ini dan memperbaikinya di update perangkat lunak iOS 11.0.2.