Minggu, 12 November 2017 01:31 WITA

Ternyata, Ongkos Produksi 1 iPhone X Tak Sampai Rp5 Juta

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Ternyata, Ongkos Produksi 1 iPhone X Tak Sampai Rp5 Juta
iPhone X.

RAKYATKU.COM - iPhone X yang sudah tersedia di pasaran sejak Jumat pekan lalu adalah model iPhone baru paling mahal yang pernah dibikin Apple. Dijual belasan juta rupiah, ongkos produksi atau pembuatannya ternyata tidak sampai menyentuh Rp 5 juta.

Dikutip makemac.com dari Reuters,  Apple disebutkan mengeluarkan ongkos produksi sebesar $357,50 atau sekitar Rp 4,82 juta untuk membuat satu unit iPhone X.

Sebagai perbandingan, ongkos produksi iPhone X lebih mahal 25 persen dibandingkan dengan ongkos produksi iPhone 8. Untuk membuat satu unit iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, ongkos yang dikeluarkan diperkirakan masing-masing $247 dan $288.

Dengan ongkos produksi sebesar itu dan harga jual mulai $999 di Amerika Serikat, iPhone X memberikan gross margin atau keuntungan yang tinggi mencapai 64 persen. Atau 5 persen lebih besar dibandingkan dengan gross margin iPhone 8 yang sebesar 59 persen.

Layar OLED 5,8 inci adalah komponen yang paling mahal di iPhone X. Menurut temuan TechInsight, Apple membeli komponen ini dengan harga $65.50 atau sekira Rp 884 ribu per unit. Lebih mahal daripada layar milik iPhone 8 sebesar $36 atau Rp 486 ribu.

Layar iPhone X lebih mahal sebab teknologi yang digunakan sudah mengadopsi layar Organic Light-Emitting Diode (OLED) yang diklaim lebih terang dan lebih hemat baterai. Sedangkan iPhone 8 masih memakai Liquid Crystal Diplay (LCD).

Komponen berikutnya yang termasuk mahal di iPhone X adalah sasis dari material baja anti karat (stainless steel). Komponen ini dihargai $36, lebih mahal dibandingkan sasis dari bahan aluminium di iPhone 8 sebesar $21,50.

Sasis dari stainless steel tentunya lebih unggul dibandingkan dengan sasis aluminium. Tak mudah bengkok seperti halnya aluminium. Jadi tak mengejutkan jika harga komponen ini terbilang lebih mahal.