Sabtu, 11 November 2017 08:22 WITA

Facebook Tambahkan 'Tombol Donasi' untuk Bantu Korban Bencana

Editor: Suriawati
Facebook Tambahkan 'Tombol Donasi' untuk Bantu Korban Bencana

RAKYATKU.COM - Facebook terus memperluas kemampuan Layanan Respon Krisisnya - mulai dari bencana alam hingga peristiwa teror - yang diluncurkan pada bulan September 2017. 

Kini, selain mengikuti berita terbaru atau mengecek status teman di daerah berisiko, Facebook telah menyediakan cara lain untuk memberikan bantuan. Pada hari Jumat, jejaring sosial tersebut meluncurkan tombol crisis donate, yang memungkinkan orang untuk memberi sumbangan kepada organisasi yang membantu korban.

Facebook akan mengirimkan uang yang telah disumbangkan ke GlobalGiving, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja dengan banyak LSM yang menanganani situasi bencana.

Melalui kemitraannya, GlobalGiving menganalisis di mana uang dibutuhkan paling banyak saat situasi bencana, dan menyebarkan dana di tempat yang mereka anggap paling berdampak.

"Setelah bencana, orang-orang di daerah yang terkena bencana seringkali memiliki kebutuhan yang luar biasa untuk membantu mereka pulih dan dibangun kembali," kata Asha Sharma, manajer produk sosial Facebook, dikutip dari Mashable. "Orang lain yang tidak terpengaruh ingin membantu masyarakat sebisa mungkin," katanya. 

"Tujuan kami di Facebook adalah untuk menciptakan alat yang memudahkan masyarakat untuk membantu komunitas mereka dan masyarakat yang mereka sayangi pulih dari krisis."