Kamis, 09 November 2017 08:36 WITA

Aluminium Foil Bisa Perbaiki Sinyal WiFi

Editor: Suriawati
Aluminium Foil Bisa Perbaiki Sinyal WiFi
INT

RAKYATKU.COM - Ada cara murah untuk memperbaiki sinyal WiFi, yaitu dengan menggunakan aluminium foil.

Menurut laporan EurekAlert, peneliti di Dartmouth College telah menemukan bahwa reflektor sinyal 3D printer, yang terdiri dari lapisan tipis logam dan plastik, dapat secara drastis memperbaiki sinyal nirkabel di sekitar rumah.

Percobaan ini didasarkan pada gagasan untuk menggunakan kaleng aluminium di balik router agar bisa mengarahkan sinyal menjauh dari dinding dan penghalang lainnya.

Tim tersebut mampu menganalisa sebuah ruang dan membuat custom reflector yang akan mengoptimalkan sinyal WiFi di ruangan itu. Mereka kemudian memasukkan data mereka ke dalam program kustom yang disebut WiPrint yang merancang reflektor plastik yang optimal dan membuatnya menggunakan printer 3D.

Langkah terakhir adalah menutup benda dengan aluminium foil dan meletakkannya di router. Anda dapat melihat demonstrasi di video di bawah ini.

 

Solusi ini memecahkan beberapa masalah dengan sinyal WiFi. Pertama, itu tidak mahal. Kedua, ini memungkinkan Anda mengendalikan sinyal WiFi Anda, seperti memungkinkan Anda memotong sinyal ke tempat yang tidak Anda inginkan. Dan, ini bisa meningkatkan keamanan, serta memastikan tetangga tidak dapat mengakses jaringan Anda.