Senin, 06 November 2017 14:11 WITA

Jutaan Orang Download WhatsApp Palsu di Play Store, Apakah Anda Termasuk?

Editor: Suriawati
Jutaan Orang Download WhatsApp Palsu di Play Store, Apakah Anda Termasuk?
INT

RAKYATKU.COM - Pekan lalu, sebuah aplikasi WhatsApp palsu muncul di Google Play Store, dan lebih dari satu juta pengguna mendownloadnya.

Aplikasi itu dinamai "Update WhatsApp Messenger" dan tampaknya dibuat oleh pembuat konten resmi, yaitu WhatsApp Inc.

Nah, hal ini memicu pertanyaan, bagaimana pembuat aplikasi bisa menipu begitu banyak pengguna? Ternyata mereka menggunakan beberapa tipuan Unicode untuk membuatnya tampak asli.

Seperti yang dapat Anda lihat pada screenshot yang diambil The Hacker News, penipu menambahkan karakter WhatsApp + Inc% C2% A0. pada detail aplikasi.

Jutaan Orang Download WhatsApp Palsu di Play Store, Apakah Anda Termasuk?Meski terlihat sangat mirip dengan yang asli, menginstal aplikasi ini akan membuat pengguna dibombardir dengan banyak iklan.

Perbedaan tersebut pertama kali dilihat oleh seorang Redditor bernama DexterGenius. Dia kemudian mendekompilasi kode unduh untuk mencari tahu apa sebenarnya itu.

"Aplikasi itu sendiri memiliki izin minimal (akses internet) tapi pada dasarnya adalah dibungkus dengan iklan yang memiliki beberapa kode untuk mendownload APK kedua, yang juga disebut whatsapp.apk.," kata DexterGenius.

Aplikasi scam kini telah dihapus dari Google Play Store. Namun, jika Anda merasa telah mendownloadnya beberapa hari lalu, maka segera hapus aplikasi Anda, dan instal aplikasi resmi.