Sabtu, 04 November 2017 15:46 WITA

Ratusan Unit iPhone X Dicuri, Apple Rugi Rp5 Miliar

Editor: Fathul Khair Akmal
Ratusan Unit iPhone X Dicuri, Apple Rugi Rp5 Miliar
Foto: Apple via BGRFoto: Apple via BGR

RAKYATKU.COM - Sekawanan pencuri berhasil membobol sebuah truk UPS yang tengah diparkir di luar sebuah toko Apple di San Francisco beberapa waktu lalu. Maling tersebut, berhasil membawa kabur 313 unit iPhone X.

Menurut sebuah laporan dari CNET dikutip tabloidpulsa, kerugian yang diderita oleh Apple akibat aksi pencurian tersebut ditaksir $ 370.000, atau senilai dengan Rp5 miliar rupiah. 

Angka ini merupakan jumlah kerugian paling besar yang diderita oleh produsen smartphone tersebut, jika dibandingkan oleh kejadian sebelumnya.

iPhone X yang dicuri sedianya akan dijual di Apple Store yang berlokasi di Stonestown Galleria. Stok smartphone paling canggih Apple yang sebenarnya sudah sangat terbatas ini, tentu saja jadi kian menipis gara-gara kejadian ini. 

Calon pembeli yang telah berhasil memesan iPhone X melalui pre-order, walau bagaimanapun masih tetap dapat mengambil iPhone X pesanan mereka di Apple Store yang ada di Stonestown. Namun demikian, bagi para calon pembeli yang telah mengantre mungkin tidak akan seberuntung mereka yang berhasil mendapatkannya melalui pre order.

Sementara itu, berdasarkan laporan polisi yang diajukan, ada tiga orang pelaku yang masuk ke dalam truk UPS setelah pengemudi keluar untuk melakukan pengiriman. Seorang petugas kebersihan yang memergoki kawanan pencuri yang tengah berusaha memindahkan paket iPhone X dari truk UPS ke mobil yang diparkir di pintu gerbang berhasil mengabadikan aksi mereka dalam sebuah foto.

Jika melihat waktu pencurian, barang-barang yang berhasil dibawa kabur, dan efisiensi keseluruhan operasi, pihak penegak hukum percaya bahwa pencurian tersebut sangat terkoordinasi dan direncanakan dengan baik sejak awal.