Sabtu, 04 November 2017 13:24 WITA

8 Fakta Tentang WhatsApp Down

Editor: Fathul Khair Akmal
8 Fakta Tentang WhatsApp Down

RAKYATKU.COM - Layanan pesan WhatsApp sempat tidak bisa digunakan alias down, pada Jumat (3/11/2017) kemarin. Insiden WhatsApp down ini, memang sempat membuat pengguna pusing tujuh keliling. 

Rakyatku.com menghimpun sejumlah fakta tentang layanan chat WhatsApp yang Down:

1. Ribuan komentar laporkan WhatsApp down
Sekitar pukul 15.30 WIB, aplikasi pesan singkat WhatsApp down, Jumat (3/11/2017). Akibatnya, layanan WhatsApp tidak bisa digunakan.

Seperti dilansir media Ingrris, Independen, situs DownDetector mencatat terdapat ribuan komentar yang melaporkan masalah WhatsApp down. DownDetector mengatakan, 60 persen pelanggan mengalami masalah saat menghubungkannya.

Keluhan disampaikan pengguna WhatsApp yang tidak bisa mengirim teks, gambar dan video satu sama lain.

2. WhatsApp juga down di beberapa Negara 
Berdasarkan peta live outage milik Down Detector, beberapa wilayah yang terdampak tumbangnya layanan WhatsApp, diantaranya di Eropa, terutama Inggris, Belanda, Belgia, Luxemburg, Swiss, Prancis, Jerman, Ceko, Spanyol, Italia, dan Turki.

Selain itu, tumbangnya layanan WhatsApp juga dilaporkan di sejumlah negara di Asia, seperti India, sebagian Tiongkok, Malaysia, Singapura, dan Indonesia.

3. Layanan WhatsApp pulih kembali
Layanan WhatsApp akhirnya pulih kembali, setelah mengalami gangguan selama beberapa menit di seluruh dunia.

Sekitar pukul 16.10, WhatsApp berangsur pulih. Sejumlah pengguna sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut secara normal.

4. Dugaan penyebab WhatsApp down
Dilansir TechCrunch, tumbangnya layanan WhatsApp ini terjadi karena adanya bug di dalam kode software aplikasi. 

Selain itu, lonjakan pendaftar dan tingginya frekuensi penggunaan layanan perpesanan ini, diduga menjadi biang keladi terhentinya layanan. 

Tingginya penggunaan membebani server WhatsApp. Hal ini mengakibatkan server kelebihan kapasitas dan layanan macet, seperti dilansir TechCruch. 

5. Pendiri WhatsApp bungkam
Layanan pesan WhatsApp yang down, membuat netizen ramai-ramai berkomentar di sosial media.

Keluhan mereka itu, mayoritas ditujukan kepada pendiri WhatsApp, Jan Koum, dengan akun Twitter @jankoum.

Namun sang empunya akun Twitter, bungkam. Akun Twitter Koum yang dibuat pada April 2009 ini, hanya memiliki jumlah kicauan sebanyak 80 twit dengan unggahan terakir pada 25 Februari 2016.

6. Juru bicara WhatsApp minta maaf
WhatsApp membenarkan aplikasinya tengah down. Hanya saja, mereka tidak menjelaskan secara detail tentang apa penyebabnya.

"Hari ini, pengguna WhatsApp secara global memiliki masalah dalam mengakses aplikasi selama sekitar 1 jam. Isu ini sudah diperbaiki dan kami minta maaf atas ketidaknyamannya," kata juru bicara WhatsApp dikutip detik.com.

7. Tak hanya sekali WhatsApp down
WhatsApp yang down, ternyata bukan kali pertama terjadi. Pada Februari 2014, WhatsApp pernah error selama 210 menit. Hal tersebut menyebabkan banyak pengguna beralih pada aplikasi chat lain. 

Pada Mei 2017 silam, aplikasi WhatsApp juga pernah mengalami error di beberapa bagian dunia. Seperti Spanyol, Malaysia dan sejumlah negara di Eropa.

8. Pengguna WhatsApp mencapai 1 miliar
Tumbangnya aplikasi tersebut memang berdampak besar, mengingat jumlah pengguna WhatsApp mencapai 1,2 miliar.

Aplikasi layanan kepunyaan Facebook itu, memang diandalkan untuk berbagai urusan.