Sabtu, 04 November 2017 04:30 WITA

Darimana Nama 'Microsoft' Berasal?

Editor: Suriawati
Darimana Nama 'Microsoft' Berasal?
Foto: Getty Images

RAKYATKU.COM - Microsoft adalah salah satu nama merek yang sangat akrab dan mudah diigat. Tapi, pernahkah Anda berpikir tentang apa artinya, atau dari mana asalnya?

Sebenarnya itu sangat sekali. Nama ini sebenarnya adalah penggabungan dari dua kata yaitu Micro dan Soft. Tapi, apa alasan Bill Gates dan Paul Allen mengambil dua kata tersebut?

Pada tahun 1970-an, sebelum Microsoft menjadi sesuatu, Gates dan Allen mulai mengembangkan MICROcomputer, atau MICROprocessor, Software. Nah, Allen adalah orang pertama yang memikirkan tentang ide nama itu.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Forbes 1995, Gates mengatakan bahwa "ketika kami menandatangani kontrak pertama dengan MITS, kami menyebut diri kami sebagai Paul Allen dan Bill Gates yang melakukan bisnis sebagai Micro-Soft."

Darimana Nama 'Microsoft' Berasal?Alle kemudian menambahkan bahwa "kami telah membicarakan banyak nama berbeda di Boston, dan pada suatu saat saya berkata, Nah, nama yang sama sekali jelas adalah Microsoft."

Dikatakan juga bahwa duo ini awalnya berencana menamai perusahaan mereka dengan mengambil nama mereka, yaitu Allen & Gates. Tapi mereka memutuskan bahwa itu bukan ide bagus, karena terkesan seperti firma hukum.

Namun, meski perusahaan ini awalnya dibentuk pada tahun 1975, namanya baru digabungkan secara resmi pada tahun 1981.