Rabu, 01 November 2017 08:24 WITA

Tak Mampu Bersaing Dengan Kamera HP, Nikon Tutup Pabrik di China

Editor: Suriawati
Tak Mampu Bersaing Dengan Kamera HP, Nikon Tutup Pabrik di China
INT

RAKYATKU.COM - Bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan orang lebih suka menggunakan kamera smartphone daripada kamera digital khusus.

Meskipun kamera smartphone belum bisa bersaing dengan kamera pro seperti DSLR, mereka semakin mampu memenuhi sebagian besar kebutuhan dalam berbagai situasi, termasuk cahaya rendah. Peningkatan kualitas yang besar selama bertahun-tahun telah mengakibatkan banyak orang memilih kamera smartphone.

Kenyataan itu telah menjadi pukulan dahsyat bagi produsen kamera compact-and-shoot, bahkan perusahaan raksasa pun harus melakukan perubahan besar dalam beberapa tahun terakhir agar tetap bertahan.

Nikon tidak terkecuali, perusahaan ini dikabarkan akan menutup pabrik kamera digital di China. Pabrik ini memproduksi kamera digital entry level, dan juga lensa yang dapat digunakan pada beberapa model yang lebih canggih.

Dalam satu tahun, penjualan kamera digital Nikon memperkirakan penurunan penjualan hingga 24% dari tahun fiskal sebelumnya. 

Namun, ini tentu bukan jalan kematian bagi Nikon. Setelah penutupan pabrik, perusahaan akan fokus pada DSLR dan juga gear high-end.