Selasa, 31 Oktober 2017 23:42 WITA

Gagal Saat Registrasi Kartu Prabayar? Nah Bisa Jadi Ini Sebabnya

Editor: Fathul Khair Akmal
Gagal Saat Registrasi Kartu Prabayar? Nah Bisa Jadi Ini Sebabnya
Ilustrasi Kartu SIM

RAKYATKU.COM - Pada hari pertama pendafataran ulang (registrasi) kartu SIM hari ini, banyak pelanggan yang mengeluh. Mereka mengeluh, karena kesulitan registrasi kartu prabayar, baik lewat SMS ataupun situs operator yang disediakan. 

Menanggapi keluhan itu, Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Adita Irawati mengungkapkan bila terjadi penumpukan registrasi kartu prabayar hari ini. Hal ini menyebabkan layanan registrasi sempat tersendat seperti diberitakan CNNIndonesia.com. 

Ia memperkirakan, hal ini terjadi karena adanya informasi yang salah di masyarakat. Sehingga masyarakat mengira kalau tenggat akhir waktu registrasi ulang, yang menyebabkan diserbunya saluran registrasi tersebut.

"Sejak kemarin memang terjadi penumpukan registrasi karena pelanggan banyak yang salah persepsi dikira hari ini (31 Oktober) akhir registrasi. Mohon juga bantuannya meluruskan persepsi ini kawan-kawan media," katanya.

Namun, ia menyatakan bahwa Telkomsel mengupayakan registrasi ulang kembali normal segera.

Head of Corporate Communications Group of Indosat Ooredoo, Deva Rachman, ia menyatakan bahwa pihaknya saat ini masih memantau pelaksanaan registrasi ulang. Pasalnya, hari ini baru hari pertama pelaksanaan.

"Kami saat ini masih memantau karena hari ini hari pertama registrasi prabayar. Masih dalam pemantauan," katanya masih dari sumber yang sama.

General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih menyatakan bahwa kendala bisa terjadi dari tiga hal. 

Pertama, kesalahan dari sisi pengguna yang salah memasukkan format atau salah memasukkan data. Kedua, pelanggan belum juga berhasil mendaftar karena masih dalam antrean di Disdukcapil. 

Ketiga, bisa jadi adanya masalah data kependudukan pengguna di Disdukcapil. Untuk masalah terakhir ini, pengguna mesti membenahi data mereka ke Disdukcapil agar bisa melakukan registrasi. 

"Mesti dicek dulu. Misalnya apakah format SMS-nya sudah benar. Apakah nomor NIK sudah menggunakan KTP-el & nomor KK sudah sesuai, apakah sudah tervalidasi oleh Dukcapil, apakah tertunda karena antrian dll," ungkapnya.

Ditegaskan, registrasi kartu prabayar dimulai hari ini hingga 28 Februari 2018. Lewat dari 28 Februari, pendaftaran masih bisa dilakukan hingga 30 April 2018 dengan konsekuensi blokir layanan sebagian, hingga akhirnya blokir seluruh layanan jika melewati 30 April.