Minggu, 29 Oktober 2017 14:56 WITA

Dengan Teknologi, Jack Ma Teror Restoran Konvensional

Editor: Almaliki
Dengan Teknologi, Jack Ma Teror Restoran Konvensional

RAKYATKU.COM - Pendiri Alibaba, Jack Ma, kini membuktikan kalau dirinya adalah pengusaha ulung yang pandai melihat peluang. Hal itu dikarenakan kafe miliknya mulai beroperasi tanpa kasir dan pelayan (tak berawak).

Bahkan yang paling mencengangkan, manusia yang dipakai hanya di bagian dapur saja, yakni koki masak. Kafe bernama Tao Cafe ini, menjadi sangat populer di negeri Tirai Bambu (China) dan mulai beroperasi di Hangzhou.

Dalam pada itu, transaksi di kafe itu dilakukan dengan kecanggihan teknologi, hanya dengan memindahkan kode QR pada aplikasi Taobao di pintu masuk toko, setiap konsumen akan dimonitor lewat sejumlah kamera di gerai.

Sementara pembayaran terjadi secara otomatis melalui ponsel ketika konsumen keluar melalui pintu chek out. Tanpa kasir.

Berikut videonya:

Hanya dengan menggunakan aplikasi Taobao dan dengan memindai QR Code pada aplikasi tersebut, sistem akan mengingat identitas pelanggan. Jadi, pengunjung bebas berbelanja dan makan di food court yang tersedia.

Memilih makanan pun, bisa dilihat di layar yang dilengkapi speech-recognition, layar akan bertanya tentang makanan apa yang akan dipilih dan apakah yakin akan membayar. Di situ, tertera pula harga serta informasi soal makanan yang terpampang.

Jika pengunjung menjawab “Ya”, maka harga makananpun akan dipotong dari saldo Alipay. Semua pembayaran tidak melalui uang fisik hanya dengan aplikasi digital Alipay. Saldo akan berkurang dari akun Tabao pelanggan. Namun, jika tetap diperlukan untuk layanan manual tetap akan disiagakan.
 
Tidak hanya itu, histori makanan yang kita pesan, akan tersimpan. Jika ingin makan lagi, secara langsung, aplikasi akan mengarahkan Anda sesuai dengan makanan yang Anda pesan, atau menu baru terkait makanan kesukaan Anda.

Walau begitu, bukan berarti sistem ini tidak mengancam. Malah, kecanggihan teknologi ini, akan membuat industri makanan konvensional terancam bangkrut, jika tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi.