Kamis, 19 Oktober 2017 02:00 WITA

Dua Pertiga Penduduk Dewasa Dunia Pegang Smartphone di 2018

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Dua Pertiga Penduduk Dewasa Dunia Pegang Smartphone di 2018
Ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Jumlah penduduk dunia usia muda yang memiliki smartphone diperkirakan mencapai angka 66,5 persen. Jumlah tersebut setara dengan dua pertiga dari total jumlah penduduk dewasa dunia pada 2018 mendatang.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh lembaga survey Zenith yang dilansir di laman Recode dan dikutip daari Kompas, Kamis (19/10/2017), jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 yang mencapai 63 persen.

Dari 52 negara yang menjadi contoh penelitian oleh Zenith, Belanda menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan usia dewasa pemilik smartphone terbanyak di dunia.

Penduduk usia dewasa Belanda yang memiliki smartphone berkisar 93,9 persen. Namun, negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat justru hanya memiliki 70 persen penduduk dewasa yang memiliki smartphone.

Singapura menjadi negara di Asia Tenggara pertama, atau peringkat 11 seluruh dunia dengan persentase sebesar 95 persen. Sayangnya, Indonesia tidak termasuk dalam survey yang dilakukan kali ini.

Meski demikian, pertumbuhan kepemilikan smartphone kian melambat belakangan ini, karena kondisi pasar yang kian jenuh. Kepemilikan smartphone meningkat 10 persen tahun ini dan diprediksi akan tumbuh 7 persen saja pada 2018.

Sebagai perbandingan, tahun lalu angka kepemilikan smartphone meningkat sebesar 14 persen.

Kepemilikian perangkat mobile dianggap memiliki implikasi yang besar untuk iklan, yang kian kemari menuju ke mobile. Menurut survey Zenith, peranti mobile akan menyumbang 73 persen konsumsi iklan pada 2018 nanti, dan 58 persen pengeluaran iklan.