Minggu, 15 Oktober 2017 04:01 WITA

Awas! Hacker Ancam Ponselmu Lewat Bluetooth

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Awas! Hacker Ancam Ponselmu Lewat Bluetooth
ilustrasi.

RAKYATKU.COM - Bila kamu termasuk orang yang kerap membiarkan koneksi bluetooth di ponselmu dalam posisi “on”, mungkin kamu harus mempertimbangkan kembali kebiasaanmu itu.

Seperti dilansir asaltahusaja.com, sebuah celah keamanan yang disebut BlueBorne baru-baru ini ditemukan oleh perusahaan keamanan Armis. BlueBorne memanfaatkan celah keamanan pada koneksi bluetooth sehingga hacker bisa mengendalikan ponsel yang bluetooth-nya sedang aktif. 

Beberapa ponsel atau gadget yang bisa ditembus oleh BlueBorne antara lain Samsung Galaxy, Google Pixel, LG Sport Watch dan beberapa sistem audio mobil.

Celah keamanan ini juga terdapat pada gadget keluaran Apple seperti iPhone dan iPad yang belum di-upgrade menggunakan iOS 10. Selain iOS, BlueBorne juga menyerang beberapa versi Android, Windows dan Linux. Hanya butuh waktu 10 detik bagi BlueBorne untuk menguasai sebuah gadget dengan celah keamanan pada koneksi bluetoothnya.

Google dan Microsoft telah mengeluarkan patch untuk celah keamanan ini. Bila kamu belum memperbaharui sistem operasi pada gadget-mu, segeralah untuk melakukan update.

Ada beberapa alasan mengapa orang senang membiarkan koneksi bluetooth-nya dalam posisi on, salah satunya adalah mempercepat proses sambungan saat kamu ingin menghubungkan ponsel dengan earphone bluetooth atau jam tangan pintar. Sayangnya, kondisi ini juga menimbulkan celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk menguasai gadget yang tersambung menggunakan bluetooth.

Cara kerja BlueBorne sendiri adalah dengan melakukan pemindaian secara terus menerus pada gadget yang memiliki koneksi bluetooth-nya hidup. Dan ketika gadget yang memiliki celah keamanan ditemukan maka BlueBorne akan menyerangnya dengan waktu yang sangat singkat.

Cara paling mudah untuk menghindari serangan BlueBorne adalah dengan selalu mematikan koneksi bluetooth bila sedang tidak digunakan.

Tags