12 October 2017 15:45 WITA

Cara Daftar Kartu Perdana Seluler Pakai NIK dan KK

Editor: Mulyadi Abdillah
Cara Daftar Kartu Perdana Seluler Pakai NIK dan KK

RAKYATKU.COM - Registrasi kartu seluler prabayar diwajibkan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) mulai tanggal 31 Oktober 2017.

Registrasi pelanggan seluler ini merupakan upaya pemerintah mencegah penyalahgunaan nomor dan melindungi konsumen, terutama bagi pelanggan prabayar. Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. 

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ahmad M Ramli menyatakan, proses registrasi bukan hal yang sulit selama mengikuti prosedur yang benar. 

"Cara registrasi kartu perdana dilakukan dengan mengirimkan SMS ke 4444 dengan format NIK#NomorKK#," katanya dikutip dari laman Kominfo, Kamis (12/10/2017).

Dirjen Ramli menyebut proses registrasi ulang akan berlangsung sampai akhir Februari 2018. Ia pun menegaskan agar proses berhasil diperlukan data yang sesuai dengan NIK. 

"Informasi tersebut harus sesuai dengan NIK yang tertera di Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP–el) dan KK agar proses validasi ke database Ditjen Dukcapil dapat berhasil. Proses registrasi ini akan dimulai pada 31 Oktober 2017 dan akan berakhir pada 28 Februari 2018," jelasnya.