11 October 2017 04:30 WITA

Ribuan Ekstensi Adblock Plus Palsu Diunduh dari Chrome Store

Editor: Suriawati
Ribuan Ekstensi Adblock Plus Palsu Diunduh dari Chrome Store
INT

RAKYATKU.COM - Beberapa dari kita pasti berpikir bahwa program yang tersedia di toko online resmi aman. Namun, ada kalanya perangkat lunak berbahaya dapat lolos dari celah dan muncul sebagai produk yang sah.

Contoh terakhir melibatkan Toko Web Chrome, di mana ekstensi Adblock Plus palsu telah diunduh lebih dari 37.000 kali, sebelum diketahui dan dihapus.

Pakar cybersecurity yang dikenal lewat Twitter sebagai SwiftOnSecurity menemukan ekstensi palsu tersebut. Ini membodohi orang untuk berpikir bahwa itu asli, karena meniru halaman Adblock Plus yang asli, namun menggunakan nama pengembang yang berbeda.

Salah satu elemen yang membuat ekstensi menonjol sebagai palsu adalah banyak kata kunci tidak terkait dalam deskripsi, yang bertujuan untuk mengelabui mesin pencari. Beberapa pengguna juga meninggalkan ulasan yang mengatakan bahwa itu adalah penipuan, dan bahwa ekstensi itu membawa iklan invasif dan membuka tab tanpa izin.

 

"Google mengizinkan 37.000 pengguna Chrome ditipu dengan ekstensi palsu oleh pengembang yang mengkloning nama populer dan kata kunci spam," tulis SwiftOnSecurity di Twitter. 

Google membatasi perangkat lunak berbahaya mulai tahun 2015 dengan melarang pengguna Windows dan Mac untuk tidak mendownload ekstensi Chrome yang tidak dihosting di Toko Web Chrome.

Tags