09 October 2017 08:25 WITA

Facebook Uji Fitur Baru untuk Lawan Penyebaran Berita Palsu

Editor: Suriawati
Facebook Uji Fitur Baru untuk Lawan Penyebaran Berita Palsu
INT

RAKYATKU.COM - Sudah hampir 12 bulan sejak pemilihan presiden Amerika Serikat, dan sejak saat itu istilah "berita palsu" mulai populer. Sekarang, sosial media raksasa seperti Facebook masih berjuang untuk memastikan bahwa artikel yang ditampilkan di platformnya adalah informasi yang akurat.

Sekarang, Facebook mulai sebuah tes baru yang dirancang untuk memberi pengguna konteks tambahan pada artikel yang mereka lihat di News Feed, namanya tombol 'i'. Ini akan akan memberikan informasi tambahan pada pembaca tentang sumber artikel.

BACA JUGA: Presiden Amerika Tuding Facebook Anti Trump

Hal ini ditujukan untuk membantu individu membuat keputusan yang lebih tepat tentang jenis berita yang mereka baca, bagikan, dan akhirnya, percayai.

 

Jika Anda salah satu pengguna Facebook telah memilih untuk mengikuti tes ini, Anda akan melihat tombol kecil ini di sudut kanan atas di atas judul artikel. Jika Anda menekan tombol ini, Anda dapat menemukan informasi kontekstual tambahan tentang penerbit yang "ditarik dari Facebook dan sumber lainnya, seperti informasi dari Wikipedia.

"Orang-orang telah memberi tahu kami bahwa mereka menginginkan lebih banyak informasi tentang apa yang mereka baca. Mereka menginginkan alat yang lebih baik untuk membantu mereka memahami jika sebuah artikel berasal dari penerbit yang mereka percaya dan evaluasilah jika ceritanya sendiri dapat dipercaya," kata manajer produk Facebook Sara Su, pada TechCrunch.