07 October 2017 16:08 WITA

Ilmuwan Temukan Cara untuk Ciptakan Listrik dari Air Mata

Editor: Suriawati
Ilmuwan Temukan Cara untuk Ciptakan Listrik dari Air Mata
INT

RAKYATKU.COM - Menangis ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bisa menciptakan energi. Yah, ilmuwan dari Universitas Limerick di Irlandia telah menemukan cara untuk menghasilkan listrik dari air mata.

Semua itu berkat kristal lisozim, bahan kimia yang diproduksi setiap kali kita menangis. Peneliti mengatakan, jika kita dapat memanennya secara efektif, ini bisa menjadi sumber bahan bakar baru untuk semua jenis perangkat implan.

BACA JUGA: Kemarahan dan Kebencian Bisa Membuat Anda Bahagia

Dengan menerapkan tekanan pada film kristal lisozim yang terjepit di antara dua slide kaca, tim bisa menghasilkan energi yang disebut piezoelektrik.

"Sementara piezoelektrik digunakan di sekitar kita, kapasitas untuk menghasilkan listrik dari protein khusus ini belum dieksplorasi," kata fisikawan Aimee Stapleton, penulis utama studi tersebut.

"Tingkat piezoelektrik pada kristal lisozim sangat penting. Ini adalah urutan yang sama besarnya yang ditemukan dalam kuarsa."

"Namun, karena ini adalah bahan biologis, tidak beracun, jadi bisa memiliki banyak aplikasi inovatif seperti lapisan elektroaktif dan anti-mikroba untuk implan medis."

Para peneliti percaya bahwa penelitian lebih lanjut dapat menghasilkan perangkat biomedis yang akan menggunakan lisozim untuk memompa daya yang mengendalikan pelepasan obat ke dalam tubuh.

Temuan ini dipublikasikan pada 2 Oktober di jurnal ilmiah Applied Physics Letters.