07 October 2017 12:52 WITA

5 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
5 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

RAKYATKU.COM - Smartphone kini menjadi kebutuhan dan harus diakui bahwa saat ini sebagian hidup kita ada di smartphone.  Dari mulai untuk pesan ojek online, baca berita, hingga main game.

Sayangnya, baterai smartphone zaman sekarang tidak bisa bertahan seharian. Wajar saja, mengingat kita terlalu berlebihan menggunakan smartphone. Nah berikut ini adalah penyebab baterai smartphone cepat habis dan harus harus dihindari.

1. Selalu Menggenggam Smartphone

Smartphone tidak pernah lepas dari tangan kamu? Dikit-dikit cek notifikasi, balas chat, main game. Bagaimana baterai smartphone mau awet? Lepaskanlah smartphone sesekali, taruh di tempat yang aman dan beraktivitas tanpanya.

Selain itu ketika kamu diluar ruangan, usahakan letakkan smartphone di saku atau tas kamu. Cuaca panas bisa berpotensi menyebabkan overheat dan membuat baterai cepat terkuras.

2. Budaya Streaming

Kecepatan jaringan 4G LTE cukup kencang, kuota berbasis 4G juga berlimpah dengan harga yang cukup terjangkau. Membuat aktivitas streaming makin populer.

Tapi, tahukah kamu kalau layanan seperti YouTube, Netflix, Spotify, dan lainnya menyediakan pilihan untuk penggunaan offline? Daripada streaming, lebih baik unduh lagu atau video favorit kamu.

Dilansir Jalantikus, jangan lakukan streaming di tempat yang susah sinyal. Misalnya, lagi di jalan naik mobil atau kereta, karena smartphone akan berusaha keras untuk mencari sinyal yang menyebabkan suhu baterai panas dan baterai terkuras.

3. Tidak Menghapus Aplikasi di Background

Membiarkan aplikasi berjalan di latar belakang juga bisa berpotensi menyebabkan baterai cepat habis. Apalagi kalau aplikasi tersebut menggunakan GPS, seperti Google Maps atau aplikasi ojek online.

Kalau sudah selesai, tutup saja aplikasinya. Kecuali, aplikasi favorit kamu yang sering digunakan. Tidak perlu ditutup, karena justru akan membuat sistem memuat ulang aplikasi yang berakibat baterai terkuras.

4. Charge Menggunakan Power Bank

Kita memang harus mengucapkan terima kasih, berkat power bank kita bisa ngecas HP di mana saja kapan saja. Ya, asal kamu juga tidak lupa buat cas power bank itu sendiri ya.

Selain harus menggunakan power bank original, cas HP menggunakan power bank juga jangan dilakukan secara terus menerus. Gunakan powerbank dengan baik, apabila tidak terdesak gunakan charger socket listrik untuk mengisi HP dengan optimal.

5. Tidak Pernah Mematikan Smartphone

Untuk memperpanjang umur baterai, sebaiknya matikan smartphone pada malam hari. Malam hari juga merupakan waktu terbaik untuk ngecas HP.