05 October 2017 04:30 WITA

Resmi Luncur, Ini Spesifikasi Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Resmi Luncur, Ini Spesifikasi Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL

RAKYATKU.COM - Google akhirnya meluncurkan dua ponsel anyarnya, yaitu Pixel 2 dan Pixel 2 XL, yang kini tahan air dan menggunakan kamera berteknologi Dual Pixel.

Berbeda dengan Pixel generasi pertama, perbedaan Pixel 2 dan 2 XL tak sekadar pada ukuran layar. Pixel 2 terlihat mirip dengan pendahulunya dengan layar 5 inch, sementara Pixel 2 XL punya desain yang sama sekali berbeda.

Ukuran layarnya meningkat dari 5,5 inch ke 6 inch, namun dengan rasio aspek 18:9 dan bingkai yang tipis. Sementara Pixel 2 menggunakan layar 5 inch dengan pinggiran yang bersudut dan bingkai yang tebal. Panel layar yang digunakan adalah OLED dengan resolusi 1920 x 1080 pixel dan 2880 x 1440 pixel.

Sementara pada bagian belakang, Google masih mempertahankan kombinasi metal dan kaca, meski dengan rasio kaca yang lebih kecil. Di bagian belakang tetap ada sensor sidik jari, yang diklaim Google sebagai yang paling cepat dibanding ponsel lainnya.

Soal spesifikasi, keduanya memakai Snapdragon 835, RAM 4 GB dengan storage 64 GB atau 128 GB. Di bagian ada dua speaker yang mengapit layar pada bagian atas dan bawah, demikian dilansri Detik dari The Verge, Kamis (4/10/2017).

Keduanya juga punya fitur Active Edge, yang bisa mengenali remasan tangan penggunanya untuk mengaktifkan fungsi tertentu. Secara default, fitur ini dipakai untuk meluncurkan Google Assistant dan mengaktifkan mode silence pada ponsel.

Seakan sudah menjadi kebiasaan, Google kembali menghadirkan kamera yang diklaim mempunyai kualitas sangat tinggi di Pixel 2. Tentu klaim itu tak sepihak karena Google menyertakan hasil pengujian dari DxO, yang memberi skor 98 untuk ponsel ini, lebih tinggi dari kamera terbaik sebelumnya, yaitu iPhone 8 Plus yang mendapat skor 94.

Baik Pixel 2 maupun 2 XL menggunakan kamera belakang 12,2 megapixel dengan lensa f/1,8 dan optical image stabilization. Dua poin tersebut sudah merupakan peningkatan dari pendahulunya, yaitu lensa f/2 dan electronic image stabilization pada Pixel.

Meski kamera belakangnya hanya satu buah, namun Google menyebut kamera dua ponsel anyar ini juga bisa menghasilkan efek bokeh. Ini bisa terjadi karena penggunaan teknologi dual pixel.

Pixel 2 hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Clearly White, Just Black, dan Kinda Blue. Harganya adalah USD 649 untuk versi 64 GB dan USD 749 untuk versi 128 GB. Sementara Pixel 2 XL hanya tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan putih. Harganya adalah USD 849 untuk versi 64 GB dan USD 949 untuk versi 128 GB.

Tags