Rabu, 04 Oktober 2017 05:30 WITA

Bukan Cuma 1 Miliar, Semua Akun Email Yahoo Diretas

Editor: Suriawati
Bukan Cuma 1 Miliar, Semua Akun Email Yahoo Diretas
INT

RAKYATKU.COM - Yahoo baru saja mengungkapkan fakta mengejutkan terkait pelanggaran keamanan pada 2013.

Pada hari Selasa, Yahoo mengirimkan pemberitahuan yang  mengungkapkan bahwa penyelidikan lebih lanjut atas pelanggaran tersebut menemukan bahwa semua tiga miliar akunnya terkena dampak, tidak sebanyak 1 miliar seperti yang diperkirakan sebelumnya.

BACA JUGA: Yahoo Akui Serangan Hacker Pada Lebih 1 Milyar Akun

Ini berarti pelanggaran tersebut dialami oleh semua orang yang memiliki email Yahoo, dan semua orang yang telah mendaftar untuk layanan Yahoo lainnya seperti Flickr.

Sekarang perusahaan yang telah diakuisisi oleh Verizon ini mencoba meredam suasana, dengan menegaskan bahwa ketika pelanggaran 2013 ditemukan pada tahun 2016, perusahaan "mengambil tindakan untuk melindungi semua akun.

Tindakan tersebut termasuk langsung memberi tahu pengguna yang terkena dampak, yang diidentifikasi pada saat itu, bahwa mereka harus mengubah kata sandi dan membatalkan pertanyaan dan jawaban keamanan yang tidak terenkripsi sehingga tidak dapat digunakan untuk mengakses akun.

"Verizon berkomitmen terhadap standar akuntabilitas dan transparansi tertinggi, dan kami secara proaktif berupaya menjamin keamanan pengguna dan jaringan kami dalam lanskap ancaman online yang berkembang," kata Chandra McMahon, Chief Information Security Officer Verizon.

"Investasi kami di Yahoo memungkinkan tim tersebut terus mengambil langkah signifikan untuk meningkatkan keamanan mereka, serta mendapatkan keuntungan dari pengalaman dan sumber daya Verizon."

Untuk akun yang terpengaruh, Yahoo mengatakan informasi akun pengguna yang dicuri mungkin termasuk nama, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, kata sandi, serta dalam beberapa kasus, pertanyaan dan jawaban keamanan terenkripsi atau tidak terenkripsi.

Tags