Selasa, 03 Oktober 2017 19:54 WITA

Iklan Facebook Akun Rusia Jangkau 10 Orang Amerika

Editor: Suriawati
Iklan Facebook Akun Rusia Jangkau 10 Orang Amerika
CEO Facebook

RAKYATKU.COM - Facebook mengungkapkan bahwa iklan yang dibeli oleh akun Rusia, menjangkau setidaknya 10 juta orang di Amerika Serikat.

Angka tersebut diungkapkan oleh Facebook untuk pertama kalinya pada hari Senin (02/10) dan menggarisbawahi seberapa efektif campur tangan Rusia di media sosial, dengan investasi minim.

BACA JUGA: Rusia Marah atas Pembatas AS Terhadap Penerbangan Militer

Bagaimana tidak, pembeli iklan hanya menghabiskan $100.000 (Rp1,3 miliar) selama dua tahun untuk menargetkan 10 juta orang, yang setara dengan populasi Michigan.

Facebook mengatakan, lebih dari separuh iklan tersebut terlihat setelah pemilihan presiden 2016. "Empat puluh empat persen iklan terlihat sebelum pemilihan AS pada 8 November 2016, lima puluh enam persen terlihat setelah pemilihan," kata Elliot Schrage, wakil presiden kebijakan dan komunikasi Facebook, dalam sebuah postingan baru, Senin (02/10).

Schrage mengakui bahwa "mungkin" ada lebih banyak iklan politik yang dibeli Rusia di jaringan yang Facebook, tapi belum mereka identifikasi.

Pada hari senin, Facebook juga telah memberikan catatan rinci tentang iklan kepada Komite Intelijen Senat dan Pengadilan Negeri.