Minggu, 01 Oktober 2017 16:38 WITA

Hal-hal Luar Biasa yang Bisa Dilakukan Dengan Jaringan 5G

Editor: Suriawati
Hal-hal Luar Biasa yang Bisa Dilakukan Dengan Jaringan 5G
INT

RAKYATKU.COM - Beberapa dari kita mungkin sudah beralih dari jaringan 3G ke 4G, dan bisa menarik kesimpulan tentang perbedaannya. Lalu bagaimana dengan 5G?

Jika 4G saja sudah cukup mengesankan, maka 5G pasti akan jauh lebih menjanjikan. Menurut Venture Beat, percobaan awal pada 5G telah mencapai kecepatan 100 kali lebih cepat daripada yang dapat ditawarkan pada 4G. Namun, tentu saja, kecepatan sebenarnya ketika diaplikasikan mungkin bisa lebih lambat.

BACA JUGA: Mantan Pegawai Google Bikin Agama, 'Komputer' Jadi Tuhan

Perbedaan yang paling mencolok adalah kecepatan download yang lebih cepat dan waktu latency yang disingkat. Tapi bagian 5G yang menarik adalah dunia inovasi dan koneksi baru yang memungkinkannya. Qualcomm menyebut jaringan ini sebagai "platform untuk penemuan."

Hal-hal Luar Biasa yang Bisa Dilakukan Dengan Jaringan 5GIndustri otomotif diyakini akan mendapatkan keuntungan dari jaringan baru ini, terutama untuk mobil self driving. Mobil-mobil ini membutuhkan jaringan yang dapat memfasilitasi beberapa interaksi antara banyak perangkat yang terhubung.

Lampu stop, stasiun cuaca, dan penyeberangan semua akan mengirim sinyal jaringan secara instan untuk mengkomunikasikan kondisi jalan ke mobil, sehingga memungkinkan pengalaman berkendara yang aman. Jumlah bandwidth yang dibutuhkan untuk menghubungkan perangkat ini bersama-sama tidak memungkinkan pada jaringan 4G.

Selain itu, industri konstruksi bisa menggunakan 5G untuk mengoperasikan mesin berat dari jarak jauh. Dengan menggunakan headset VR dan kontroler, operator dapat melakukan pekerjaan yang sama, namun di lingkungan yang lebih aman untuk meminimalkan bahaya pekerjaan yang terkait dengan lokasi konstruksi secara efektif.

Terobosan teknologi ini hanya dimungkinkan dengan jaringan yang menyediakan transmisi instan dan tidak ketinggalan.

Namun, untuk saat ini, Anda mungkin belum bisa menikmati jaringan 5G, terutama untuk perangkat seluler. Peluncuran jaringan ini diyakini akan sedikit lambat karena persetujuan standar tertentu dari pemerintah. Selain itu harga untuk mendapatkan perangkat 5G atau paket layanan ini, bisa jauh lebih tinggi daripada yang biasa kita gunakan.

Tags