Senin, 25 September 2017 12:48 WITA

Australia Akan Bentuk Badan Antariksa Nasional.

Editor: Suriawati
Australia Akan Bentuk Badan Antariksa Nasional.
EOS Space Systems Satellite Laser Ranging Facility melacak puing-puing ruang angkasa di Gunung Stromlo dekat Canberra (AFP)

RAKYATKU.COM - Australia mengumumkan komitmen untuk menciptakan sebuah badan antariksa nasional.

Pengumuman tersebut disampaikan pada konferensi ruang angkasa Adelaide pada hari Senin (25/09) yang dihadiri oleh ilmuwan dan ahli top dunia, termasuk kepala SpaceX Elon Musk.

BACA JUGA: NASA Berencana Ambil Batu Langsung dari Asteroid

"Industri ruang angkasa global berkembang pesat dan sangat penting jika Australia menjadi bagian dari pertumbuhan ini," kata menteri sains, Michaelia Cash dalam pernyataannya, dikutip AFP.

"Sebuah badan antariksa nasional akan memastikan kita memiliki rencana strategis jangka panjang yang mendukung pengembangan dan penerapan teknologi ruang angkasa dan menumbuhkan industri antariksa dalam negeri kita."

Menurut pemerintah, sektor ruang angkasa global, yang mencakup inovasi, pertahanan, dan telekomunikasi, telah berkembang setiap tahunnya sejak akhir 1990-an, mendorong pendapatan setiap tahun sebesar US $323 miliar (Rp4.300 triliun).

Tahun ini menandai peringatan 50 tahun Australia meluncurkan satelit pertamanya, satu-satunya negara pada saat itu yang berhasil mencapai prestasi tersebut setelah Amerika Serikat dan Rusia. Negara ini juga telah memainkan peran penting dalam banyak misi luar angkasa sejak saat itu.