13 September 2017 08:46 WITA

Apple Luncurkan iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X, Ini Perbedaannya!

Editor: Suriawati
Apple Luncurkan iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X, Ini Perbedaannya!
iPhone X

RAKYATKU.COM - Satu dekade setelah merevolusi permainan ponsel, raksasa teknologi Apple akhirnya mengungkapkan perangkat yang paling dibanggakannya.

Dalam peluncuran di Cupertino, Steve Jobs memperkenalkan bukan hanya satu, tapi tiga iPhoen sekaligus, yaitu iPhone 8 dan iPhone 8 plus, iPhone X (dibaca iPhone ten).

BACA JUGA: Inilah Daftar Smartphone Terpopuler di Dunia

Menurut review CNet, IPhone X tampak lebih mencolok dari pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Ini memiliki desain yang dimodifikasi, layar baru dan beberapa kelebihan tertentu. Penambahan ini membuat iPhone X mampu melakukan hal-hal yang iPhone 8 dan iPhone 8 Plus tidak bisa lakukan.

 

Sementara ketiga model iPhone baru mendukung pemutaran HDR10 dan Dolby Vision, hanya iPhone X yang hadir dengan tampilan HDR sejati. Hal ini dicapai dengan menggunakan teknologi OLED, bukan layar LCD dengan IPS yang terdapat pada iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Tampilan OLED pada iPhone X memiliki rasio kontras yang jauh lebih tinggi, yaitu 1.000.000: 1, sementara iPhone 8 Plus hanya 1.300: 1 dan 1.400: 1 pada iPhone 8.

Layar OLED ini, yang disebut Apple Super Retina HD bisa menghasilkan warna hitam yang jauh lebih dalam. Hal ini dilakukan dengan mematikan piksel yang dianggap hitam, sedangkan dengan LCD, piksel tersebut tetap menyala.

Terlepas dari semua teknologi baru di iPhone X, perangkat ini sebenarnya memiliki daya tahan baterai lebih baik dari pada iPhone 8. Seperti biasa, Apple tidak mengungkapkan peringkat kapasitas baterai di ponselnya, namun dikatakan bahwa iPhone 8 bisa bertahan selama iPhone 7. Demikian juga, iPhone 8 Plus harus bertahan hampir sama seperti iPhone 7 Plus. Tapi iPhone X bisa bertahan hingga 2 jam lebih lama dari iPhone 7.

Sama seperti rumor yang telah berkembang, iPhoen X hadir dengan layar edge to edge, yang dikemas dengan body kaca dengan layar 5,8 inci.Smartphone ini juga hadir dengan fitur pengenal wajah ke kamera depan, serta pengisian nirkabel.

Yang paling mengesankan, ini hadir dengan Animoji. Ini adalah fitur khusus untuk iPhone X yang menggunakan kamera TrueDepth untuk membaca dan menganalisis "lebih dari 50 gerakan otot yang berbeda" untuk mencerminkan gerakan dan ungkapan Anda pada 12 Animoji (atau emoji animasi yang berbeda). 

Keriga perangkat ini akan mulai dijual pada tanggal 27 Oktober dan dikirimkan pada tanggal 3 November.