10 September 2017 15:31 WITA

Pokemon GO Terbukti Bisa Menurunkan Tingkat Stres

Editor: Suriawati
Pokemon GO Terbukti Bisa Menurunkan Tingkat Stres
INT

RAKYATKU.COM - Hasil penelitian ilmiah terhadap manfaat kesehatan Pokemon GO mengungkapkan bahwa permainan ini dapat menurunkan tingkat stres.

Menurut laporan di jurnal Nature's Scientific Reports, pekerja full-time yang memainkan game yang diproduksi Niantic ini selama sebulan atau lebih, melaporkan tingkat stres psikologis yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memainkannya.

BACA JUGA: Satu Tahun, Pokemon GO Didownload Lebih 750 Juta Kali

Penelitian ini dilakukan oleh imuwan di Universitas Tokyo, yang dipimpin oleh Profesor Norito Kawakami. Peneliti melakukan survei online pada 3.915 pekerja Jepang full time, pada periode November 2015 sampai Februari 2016. Mereka kemudian melakukan survei lanjutan pada bulan Desember 2016.

Dari jumlah peserta survey, 246 orang (9,7 persen dari total), terus bermain selama lebih dari sebulan.

Para pekerja diminta untuk menjawab Brief Job Stress Questionnaire (BJSQ) untuk menentukan tingkat tekanan psikologis mereka, guna menilai perubahan apapun selama periode waktu tersebut, di samping pertanyaan lain mengenai kinerja kerja dan faktor lain seperti kebiasaan merokok atau minum."

BACA JUGA: Main Pokemon Go Sebenarnya Baik untuk Kesehatan Anda!

Selain perbedaan yang jelas dalam tingkat stres, keluhan fisik di antara mereka yang telah bermain game selama lebih dari satu bulan juga sedikit berkurang.

Laporan tersebut tidak menentukan alasan mengapa Pokemon GO bisa menjadi penghilang stres.