10 September 2017 08:37 WITA

Malaysia Blokir Seluruh Akses ke Steam Store

Editor: Suriawati
Malaysia Blokir Seluruh Akses ke Steam Store
YouTube

RAKYATKU.COM - Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia (MCMC) memblokir seluruh akses ke Steam Store, setelah perusahaan menolak untuk menghapus sebuah permainan pertempuran kontroversial yang melibatkan tokoh-tokoh agama.

Permainan yang dipermasalahkan adalah Fight of Gods. Ini merupakan game fighting yang cukup standar, namun menggunakan fitur tokoh religius mulai dari Yesus sampai Odin dimana mereka pada dasarnya saling melawan.

BACA JUGA: Deretan Gamer dengan Bayaran Termahal di Dunia

Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Salleh Said Keruak mengatakan bahwa ini dilakukan untuk membantu menjaga solidaritas dan harmoni antara orang-orang di negara yang memiliki kepercayaan yang berbeda.

 

"Tindakan ini diperlukan untuk melindungi pengguna dan mencegah insiden yang tidak diinginkan. (Untuk memastikan) solidaritas, harmoni dan kesejahteraan masyarakat multi-ras dan multi-agama di negara ini adalah tujuan utama pemerintah," katanya, seperti dikutip kantor berita nasional BERNAMA.

Pemerintah tidak akan berkompromi dengan tindakan apapun yang dapat membahayakan tujuan ini."

Penerbit game, PQube menyatakan bahwa mereka belum menerima komunikasi dari pejabat Malaysia mengenai permainan tersebut. "Kami kecewa bahwa kebebasan pilihan semacam itu tidak diberikan kepada semua orang dan khususnya permainan telah dihapus secara paksa dari penjualan di Malaysia, walaupun tidak ada komunikasi langsung yang telah kami terima mengenai alasan untuk ini."

"Namun demikian kami menghormati peraturan dan penyensoran yang diberlakukan di wilayah tertentu."

Tags
Game